Tips Menggunakan Google Glass untuk Pemula

PCtren – Mulai dari awal beredar rumor bahwa Google akan membuat Google Glass dan hingga akhirnya Google Glass diluncurkan, popularitas Google Glass semakin hari semakin naik dan banyak sekali pecinta gadget yang mulai tertarik dengan kacamata pintar besutan Google ini. Bagi Anda pengguna baru Google Glass, berikut beberapa tips menggunakan Google Glass yang juga seringkali ditanyakan oleh pengguna-pengguna baru Google Glass.

Ter-integrasi dengan Android atau iOS ?
Google Glass tidak memerlukan perangkat Android. Namun bagi Anda pengguna perangkat iOS, Anda dapat mengintegrasikan Google Glass dengan perangkat iOS Anda, namun tidak semua fitur dapat Anda nikmati seperti pesan SMS, navigasi turn-by-turn, dan screen casting.

Dan untuk pengguna Android, Pengguna Android harus menginstal aplikasi pendamping MyGlass untuk memanfaatkan fitur yang tidak bisa digunakan oleh pengguna iOS. Keuntungan terbesar menggunakan perangkat Android melalui iOS yang tidak sering dibicarakan adalah fakta bahwa tethering plan tidak lagi diperlukan untuk menggunakan Glass ketika Wi-Fi tidak tersedia. Google memperbaharui aplikasi MyGlass beberapa waktu yang lalu, menambahkan kemampuan aplikasi untuk menangani semua data throughput melalui aplikasi, bukan melalui penambatan Bluetooth. Fitur ini sendiri berpotensi dapat menghemat Glass Explorers dari keharusan untuk beralih rencana data, atau menghabiskan lebih banyak uang hanya untuk menggunakan Glass. Untuk pengguna iPhone yang ingin mencoba Android dengan Glass, sebaiknya anda mencoba Nexus 5.

 

Vignette

vignette
Ini adalah salah satu fitur favorit dari kamera pada Glass. Beberapa bulan yang lalu kemampuan untuk mengambil foto dan mendapatkan screenshot dari Glass ditempatkan di sudut kanan atas foto yang ditambahkan. Fitur ini disebut Vignette dan ini sangat mudah digunakan, anda cukup harus ingat untuk mengikuti urutan tertentu saat mengambil foto.

Untuk menerapkan efek Vignette pada foto, layar pada Glass harus menyala. Tidak peduli aplikasi atau layanan apa yang sedang anda lihat, ini harus menyala untuk menyajikan informasi.

Berikutnya mengambil foto menggunakan tombol fisik pada Glass itu sendiri. Anda akan melihat perubahan layar kamera dan mendengar suara rana. Tap pada touchpad untuk membuka menu. Opsi pertama adalah Vignette. Pilih dan lihat Glass mengambil foto anda dan menerapkan screenshot.

Glassware

glassware
Google memiliki aplikasi resmi bernama Glass Glassware. Ada dua jenis Glassware, yaitu aplikasi web dan aplikasi bawaan. Yang pertama adalah yang mendukung Google Now, Twitter, Facebook dan banyak aplikasi pihak ketiga yang tersedia saat ini. Aplikasi bawaan belum tersedia, dan mengharuskan anda untuk side load aplikasi menggunakan command line. Google menyiapkan untuk menggelar aplikasi bawaan dalam cara yang besar, yang memudahkan untuk menginstal dan mengelolanya, namun ini belum siap.

Sesekali, kunjungi Glass-Apps.org dan telusuri Glassware yang tercantum di situs. Beberapa aplikasi adalah aplikasi resmi Google yang telah menyediakan anda akses, sementara yang lainnya adalah aplikasi pihak ketiga. Perlu diingat bahwa pembatasan saat ini yang ditempatkan Google pada pengembang dan penggunaan Mirror API cukup ketat, sehingga tidak semua aplikasi bekerja seperti yang diharapkan.

Twitter

twitter
Google Glass tentu saja memiliki integrasi sosial Google+, dengan pilihan untuk mengaktifkan Twitter dan Facebook (bersama dengan Path dan Tumblr). Masing-masing layanan dapat diaktifkan atau dinonaktifkan melalui situs atau aplikasi MyGlass.

Dalam hal tweet yang akan anda terima pada Glass, anda dapat menerima mention dan direct messages, namun ada lebih dari itu. Anda juga mungkin akan menerima tweet acak dari orang yang anda ikuti. Alasannya adalah karena anda mengaktifkan peringatan ponsel untuk akun tertentu. Dengan menyalakan pemberitahuan mobile, anda akan melihat setiap tweet orang yang langsung dikirim ke Glass.

Anda dapat mengelola pengaturan ini secara akun-by-akun dengan mengunjungi halaman profil pengguna pada Twitter.com dan mengklik pada ikon profil di sebelah tombol Follow. Di sana anda akan menemukan pilihan untuk menyalakan atau mematikan pemberitahuan mobile.

Gmail

gmail
Pertama kali anda menggunakan Glass, mungkin anda akan menemui masalah pada akun Gmail untuk benar-benar mengirimkan email ke Glass. Anda harus sedikit bermain-main untuk memecahkan masalah ini. Setiap email yang ditandai sebagai email penting di akun Gmail akan dikirim ke Glass. Jika anda mengalami kesulitan mendapatkan pesan pada Glass, pastikan mereka ditandai sebagai email penting.

Bayu Aditya Putra
Hobinya ngoprek Android. Bahkan Android sudah dianggap seperti saudara kandungnya sendiri. Menurutnya, jika ia memakan Es Krim dengan Sandwich, Coklat KitKat dan Permen Jelly Bean adalah tindakan kanibalisme....