Mengatasi Masalah “Crash” (Bug) Pada iOS 7

PCtren – Saat ini bagi Anda pengguna perangkat iOS dapat menggunakan sistem operasi terbaru dari iOS yaitu iOS 7. Di dalam iOS 7, beberapa fitur terbaru dapat Anda nikmati untuk dapat memudahkan Anda dalam menggunakan perangkat iOS, seperti Control Center dan beberapa perbaikan fitur yang telah ada di iOS 6.

Namun seperti halnya sistem operasi terbaru, sebuah keunggulan pasti akan dibarengi dengan beberapa kekurangan (bug) yang cukup mengganggu. Berikut beberapa kekurangan dari iOS 7 dan cara mengatasinya.

Layar Blank Saat Update

1
Permasalah ini biasanya muncul saat akan melakukan update. Saat sedang melakukan update, layar tiba-tiba tehenti pada logo Apple. Hal ini menandakan sistem tidak berjalan dengan baik. Untuk mengantisipasi hal ini, yang perlu dilakukan adalah terhubung dengan iTunes dan masuk pada mode Device Firmware Upgrade atau DFU. Untuk melakukan hal ini, Anda perlu mengikuti langkah berikut.

  • Matikan iPhone Anda dengan menekan tombol sleep/wake.
  • Sambungkan iPhone Anda dengan komputer lalu masuklah ke iTunes.
  • Tekan tombol sleep/wake dengan Home secara bersamaan selama 10 detik. – Setelah itu lepaskan tombol sleep/wake tetapi tetap tahan tombol Home sampai muncul tulisan berikut ini di iTunes: “iTunes has detected an iPhone in recovery mode. You must restore this iPhone before it can be used with iTunes.”
  • Setelah itu cek iPhone Anda apakah berada dalam keadaan Blank atau tidak? Dalam hal ini perangkat Anda harus dalam keadaan blank. Jika yang muncul di layar adalah logo atau pesan, maka iPhone tidak dalam keadaan DFU.
  • Pilihlah pilihan iPhone yang terdapat pada kolom sebelah kiri di iTunes. Lalu lanjut dengan memilih pilihan Summary dan lanjut dengan memilih pilihan Restore.
  • Setelah itu Anda perlu mencoba melakukan update iOS 7 lagi.

iTunes Store Crash
Ada dua cara untuk mengantisipasi masalah ini. Pertama bukalah Music app dan pilih Store yang terdapat pada sisi kiri atas. Setelah itu aplikasi ini bisa berjalan normal namun kerap kali terjadi lagi hal yang sama.

Cara kedua adalah bukalah menu Multitasking dengan melakukan Double Tap pada tombol Home. Tutuplah terlebih dahulu iTunes Store. Setelah itu pilihlah Settings kemudian pilih iTunes & App Store dan pilihlah ID Apple Anda. Kemudian lakukan sign Out. Masuklah kembali (sign in) dan bukalah iTunes Store. Cara ini sehrausnya bisa membuat ITunes Store kembali normal dan tidak crash lagi.

Freezing (Hang)
Masalah ini muncul setelah melakukan update iOS 7. Gejala semacam “hang” ini bisa terjadi pada semua perangkat buatan Apple. Untuk mengantisipasi hal ini sebenarnya cukup mudah. Yang perlu dilakukan adalah dengan menahan tombol Sleep/Wake dengan tombol Home dan tunggu sampai logo Apple muncul. Kemudian back-up dan restore iPhone Anda.

Keyboard Lag
Masalah yang satu ini sering tejadi pada perangkat iPhone 4 namun bisa juga terjadi pada model buatan Apple lainnya Banyak pengguna mengeluh masalah ini. Masalah utamanya terdapat pada keterlambatan respon atau delay saat mengetik menggunakan virtual keyboard. Untuk mengatasi masalah ini adalah dengan cara pergi ke setting dan pilih iCloud kemudian pilih turn Documents & Data off.

Bayu Aditya Putra
Hobinya ngoprek Android. Bahkan Android sudah dianggap seperti saudara kandungnya sendiri. Menurutnya, jika ia memakan Es Krim dengan Sandwich, Coklat KitKat dan Permen Jelly Bean adalah tindakan kanibalisme....