Kontrol Perangkat Android dari PC via AirDroid

PCtren – Saat ini banyak sekali berbagai aplikasi yang menawarkan dapat melacak perangkat Android Anda jika hilang dicuri. Dengan aplikasi tersebut, Anda dapat melacak posisi perangkat Android Anda hingga mengontrol perangkat Android Anda dari jarak jauh.

Dan dari sekian banyak aplikasi yang beredar tersebut terdapat salah satu aplikasi yang menawarkan berbagai macam fungsi untuk keamanan perangkat Android Anda, aplikasi tersebut adalah AirDroid. Bagaimana cara menggunakan AirDroid ini, berikut caranya.

1. Unduh AirDroid 2

2. Lalu, Anda akan diminta untuk sign in ke akun AirDroid untuk menggunakan layanan yang ditawarkan.

3. Setelah Anda berhasil Sign in, maka Anda akan diminta persetujuan untuk mengaktifkan fungsi Device Administrators. Pilih Yes dan lanjutkan dengan memilih Activate. Dengan mengaktifkan Device Administrator maka Anda dapat melakukan penghapusan data dari jarak jauh bila ponsel Anda hilang dan tak bisa ditemukan.

4. Begitu AirDroid aktif, maka Anda dapat mengkses perangkat Anda dari PC dengan mengunjungi situs web.airdroid.com

5. Berikutnya, Sign in dengan ID dan password yang sama dengan akun AirDroid Anda.

6. Begitu Anda berhasil Sign in, maka Anda dapat mulai mengakses ponsel atau tablet Anda dari PC.

7. Kini Anda dapat mengontrol perangkat Android Anda dari jarak jauh melalui jaringan internet langsung dari PC. AirDroid menyediakan beragam fungsi layaknya ponsel seperti layanan Sms, melakukan panggilan hingga melihat file yang disimpan dalam perangkat Android Anda.

8. Anda juga dapat mencari tahu lokasi ponsel Anda dengan memilih ikon radar. Sebelum mencari tahu lokasi perangkat Android Anda, pengguna akan diminta untuk memasukkan ulang password akun AirDroid terlebih dulu. Berikutnya AirDroid akan menampilkan lokasi perangkat dengan bantuan GPS yang ada pada perangkat.

9. Untuk menjalankan operasi lebih lanjut seperti penghapusan data dari jarak jauh, silakan klik ikon perangkat tersebut pada Google Map.

Bayu Aditya Putra
Hobinya ngoprek Android. Bahkan Android sudah dianggap seperti saudara kandungnya sendiri. Menurutnya, jika ia memakan Es Krim dengan Sandwich, Coklat KitKat dan Permen Jelly Bean adalah tindakan kanibalisme....