Qualcomm ‘Kawal’ Hadirnya Ponsel LTE Advanced 6 Pertama

PCtren – Perang ‘bintang’ ponsel pintar dipastikan bakal makin seru. Qualcomm, nama dibalik performa gahar berbagai ponsel cerdas papan atas dunia baru saja mengukuhkan eksistensinya bersama smartphone LTE Advanced 6 pertama di dunia.

Direncanakan hadir pertama di Korea, adapun prosesor Qualcomm Snapdragon 805 dan modem Qualcomm Gobi 9×35 yang didaulat untuk memperkuat ponsel tersebut, yaitu Samsung Galaxy S5 Broadband LTE-A.

Qualcomm sendiri mengklaim jika ponsel ini merupakan smartphone ‘klasifikasi’ LTE Advanced 6 pertama yang nantinya tersedia secara komersil di dunia.

Lewat dukungan otak prosesor terbaru Qualcomm tersebut, ponsel cerdas Samsung Galaxy S5 Broadband LTE-A dikatakan sanggup merekam dan memutar ulang video berjenis Ultra HD, konektivitas anti lelet untuk mobile web streaming, hingga pengalaman tampilan grafis yang menakjubkan.

“Korea telah meluncurkan Samsung Galaxy S5 Broadband LTE-A, smartphone LTE Kategori 6 komersial pertama, yang akan memberi pengalaman komputasi mobile berkelas premium dengan pengalaman baru bagi konsumen,” ujar Murthy Renduchintala, Executive Vice President, Qualcomm Technologies pada Jumat (20/6).

Gobi 9×35 sendiri adalah modem seluler 20nm komersial pertama di industri dan generasi keempat Qualcomm Technologies 3G/LTE modem multimode. Ini adalah modem yang mendukung operator LTE Advanced di kedua agregasi, baik LTE TDD maupun FDD Category 6.

Modem ini dikatakan sesuai dengan teknologi selular terbesar, termasuk WCDMA /MC-HSPA, CDMA 1x/EVDO Rev. B, GSM/EDGE dan TD-SCDMA.

Perangkat ini juga memiliki fitur transceiver WTR3925, chip 28nm RF komersial pertama di industri mobile, mendukung pita radio frekuensi yang telah disetuji 3GPP dan kombinasi agregasi operator dalam satu chip.

Perangkat LTE Cat 6 didesain untuk memberikan kecepatan unduh hingga 300 Mbps dan konsumsi daya yang lebih efisien untuk konsumen.

Sementara itu, Samsung Galaxy S5 Broadband LTE-A yang mengusung prosesor Snapdragon 805 akan menjadi smartphone komersial pertama yang memberikan berbagai pengalaman, antara lain koneksi Ultra HD dan grafis nomor wahid dari GPU Adreno 420.

Lewat dukungan prosesor Snapdragon 805, pengguna perangkat ini difasilitasi untuk merekam dan berbagi video Ultra HD serta memutar video ke perangkat eksternal, termasuk HDTV.

Untuk permainan berkualitas konsol, Qualcomm  Adreno 420 GPU siap menghadirkan kineja grafis menakjubkan berkualitas konsol namun berkonsumsi daya rendah dan memori bandwidth.

Prosesor Snapdragon 805 juga mendukung hingga 1.2Gpixel/s image signal processor (ISP), yang memungkinkan perangkat untuk mengambil foto dengan resolusi sangat tinggi dalam kondisi cahaya rendah.

Smartphone Samsung Galaxy S5 Broadband LTE-A sendiri akan tersedia secara komersial mulai pertengahan Juni di Korea.