Tips Menghemat Baterai iPhone

PCtren – Kehabisan baterai pasti sangat menjengkelkan, apalagi jika Anda sangat tergantung dengan iPhone Anda untuk beberapa urusan penting. Untuk perangkat besutan Apple ini, ada beberapa cara yang bisa ditempuh untuk memperpanjang umur baterai, atau paling tidak meminimalisasi penggunaan daya yang tak perlu.

 

  • Nonaktifkan Location Services dan Background App Refresh Facebook

Langkah pertama ini terdengar sangat spesifik dan menyasar pada satu aplikasi. Namun, memang itulah yang menjadi akar persoalan. Begitu Location Services dan Background App Refresh Facebook dimatikan, daya tahan baterai pun meningkat, sehingga Anda akan merasakan baterai yang lebih hemat.

  • Matikan Background App Refresh

Background App Refresh adalah fitur iOS 7 yang berguna agar aplikasi bisa mendapat update informasi tanpa terlalu menghabiskan daya perangkat.

Namun, tak semua aplikasi ini perlu Anda update. Dalam beberapa kasus—seperti aplikasi Facebook, mematikan Background App Refresh untuk aplikasi tertentu untuk bisa menghemat baterai.

  • Jangan Matikan Aplikasi Saat “Multitasking”

Mematikan aplikasi yang berjalan di iOS 7 sangat mudah dilakukan. Cukup membuka tampilan multitasking dengan menekan tombol Home dua kali, lantas menyapu jendela aplikasi yang bersangkutan ke arah atas.

Banyak pengguna yang meyakini bahwa mematikan aplikasi dengan cara ini bisa menghemat baterai. Namun ternyata tidak dan kenyataannya adalah justru akan membuat baterai boros, karena pada saat sebuah aplikasi dimatikan, data-data program bersangkutan dihapus dari memori (RAM). Nah, ketika aplikasi itu kemudian dipanggil lagi, perangkat terpaksa “memanggil ulang” data-data yang diperlukan dan menyimpannya di dalam RAM. Ini membutuhkan pemrosesan sistem.

  • Matikan Push E-mail Sementara

Push E-mail adalah fitur yang sangat berguna untuk pengguna yang senantiasa berkorespondensi lewat layanan ini. E-mail yang masuk akan diteruskan ke perangkat seketika itu juga sehingga langsung diketahui pengguna. Namun, apabila pengguna iOS mengalami kejadian boros baterai yang tidak biasa, push e-mail bisa menjadi salah satu penyebabnya. Cobalah mengubah setting menjadi “fetch” (e-mail hanya diperbarui dalam interval waktu tertentu), misalnya setiap 15 atau 30 menit.

  • Matikan Push Notification

Mematikan Push Notification untuk beberapa aplikasi yang tak perlu hanya akan sedikit menghemat baterai, tetapi setidaknya hal ini juga bisa mengurangi gangguan yang timbul.

Bayu Aditya Putra
Hobinya ngoprek Android. Bahkan Android sudah dianggap seperti saudara kandungnya sendiri. Menurutnya, jika ia memakan Es Krim dengan Sandwich, Coklat KitKat dan Permen Jelly Bean adalah tindakan kanibalisme....