Ini Dia Cara Charger Baterai Smartphone Yang Benar !

PCtren – Baterai merupakan sebuah komponen yang sangat penting pada sebuah perangkat smartphone. Namun beberapa pengguna smartphone seringkali mengeluhkan baterainya yang boros atau bahkan tidak bekerja sebagaimana mestinya. Sebelum Anda menuduh hal tersebut merupakan “cacat” pabrik, ada baiknya untuk memperhatikan terlebih dahulu bagaimana cara Anda memperlakukan baterai tersebut, terutama dalam hal mengisi ulang daya baterai dan kemungkinan cara Anda tersebut tidak benar, sehingga mengakibatkan baterai smartphone Anda menjadi tidak bekerja sebagaimana mestinya atau bahkan rusak. Berikut beberapa cara yang benar dalam melakukan isi ulang daya baterai smartphone Anda.

Jangan Biarkan Habis Total
Saat ini sebagian besar baterai yang digunakan untuk smartphone ada Litium-Ion atau Polymer yang mengharuskan Anda untuk memberikan perawatan yang khusus. Salah satu perawatan yang wajib Anda lakukan untuk baterai Litium-Ion atau Polymer adalah dengan tidak membiarkan baterai Anda dalam keadaan habis total, karena akan memperpendek umur baterai Anda.

Jangan Charge Semalaman
Beberapa pengguna smartphone seringkali meninggalkan ponsel dalam keadaan di charge selama semalaman. Mulai saat ini, usahakan untuk tidak charge baterai selama semalaman, karena dapat berakibat tidak baik untuk baterai atau hardware smartphone Anda.

Hindari Tempat Panas
Hindarkan ponsel Anda dari tempat-tempat yang panas, misalnya seperti dashboard mobil karena dapat merusak baterai. Idealnya, baterai Litium-Ion atau Polymer baik disimpan dalam 15 derajat hingga minus 40 derajat untuk suhu ekstremnya.

Jangan Terlalu Sering Menggunakan Power Bank
Saat ini power bank seringkali digunakan oleh pengguna smartphone, dengan alasan agar dapat di charge dimanapun tanpa harus mengandalkan soket listrik. Namun tanpa Anda sadari, sebenarnya menggunakan power bank sangat tidak dianjurkan jika tidak dalam keadaan darurat, karena arus listrik yang dihasilkan oleh power bank tidak stabil seperti Anda menggunakan soket listrik. Namun jika Anda memang ingin memaksakan untuk menggunakan power bank, usahakan charge dalam keadaan ponsel dimatikan.

Bayu Aditya Putra
Hobinya ngoprek Android. Bahkan Android sudah dianggap seperti saudara kandungnya sendiri. Menurutnya, jika ia memakan Es Krim dengan Sandwich, Coklat KitKat dan Permen Jelly Bean adalah tindakan kanibalisme....