Tips Aman Menggunakan Perangkat Android

PCtren – Sistem operasi Android sebenarnya sebuah sistem operasi yang terbilang paling mudah untuk disusupi malware. Dengan adanya celah tersebut, malware akan mencoba untuk mengambil data pribadi Anda yang Anda simpan di perangkat Android yang Anda miliki atau bahkan yang lebih buruk dapat merusak sistem perangkat Android Anda. Bagi Anda yang menggunakan perangkat Android dan memiliki data-data penting, berikut ada beberapa tips aman yang perlu Anda perhatikan dalam menggunakan perangkat Android agar terhindar dari serangan malware.

Gunakan Fitur Keamanan
Cobalah untuk menggunakan fitur keamanan bawaan perangkat Android Anda, masuk ke menu Setting > Location & Security > buatlah password atau PIN untuk perangkat Android Anda.

Matikan Fitur Auto Connect WiFi
Banyak WiFi yang tanpa Anda sadari ketika memanfaatkan fasilitas ini memungkinkan data Anda disalin, jadi baiknya Anda berhati-hati membuka laman seperti internet banking saat menggunakan WiFi. Cobalah untuk mematikan fitur Auto Connect WiFi dengan cara, masuk ke menu Setting > Wireless & Network > WiFi Setting > nonaktifkan Auto Connect WiFi.

Instal Aplikasi Hanya dari Play Store
Bagi Anda yang gemar mencoba berbagai aplikasi, usahakan untuk hanya mengunduhnya dari Google Play Store. Berbagai aplikasi yang ada di Google Play Store sudah lulus dari uji coba, sehingga kecil kemungkinannya terdapat aplikasi yang mengandung malware.

Bayu Aditya Putra
Hobinya ngoprek Android. Bahkan Android sudah dianggap seperti saudara kandungnya sendiri. Menurutnya, jika ia memakan Es Krim dengan Sandwich, Coklat KitKat dan Permen Jelly Bean adalah tindakan kanibalisme....