Hindari Aplikasi Berbahaya : Tips Mengenali Aplikasi Android Berbahaya

PCtren – Saat ini banyak sekali aplikasi yang dapat diunduh dari mulai yang gratis hingga berbayar untuk para pengguna perangkat Android. Namun perlu Anda ketahui bahwa terdapat beberapa aplikasi Android yang malah membahayakan perangkat Android itu sendiri, terutama aplikasi gratis. Bagi Anda pengguna perangkat Android, berikut ada beberapa tips yang dapat Anda perhatikan sebelum mengunduh aplikasi untuk perangkat Android Anda.

Cek Testimoni
Sebelum mengunduh aplikasi yang Anda inginkan, coba cek testimoni dari orang lain yang pernah menggunakan aplikasi tersebut. Lihat apakah aplikasi tersebut mendapat respon baik atau buruk dari orang lain yang pernah menggunakannya, dan usahakan untuk mencari testimoni dari beberapa sumber.

Cek App Permission
Biasanya saat melakukan instalasi aplikasi, aplikasi akan meminta hak akses (Permission) ke hardware atau sistem perangkat Anda. Dan sebelum Anda melanjutkan ke tahap yang berikutnya, ada baiknya untuk memperhatikan apa saja yang akan di minta untuk diakses oleh aplikasi tersebut, dan apabila terlihat mencurigakan disarankan untuk membatalkan instalasi aplikasi tersebut.

Pasang Antivirus
Antivirus untuk perangkat Android memang seringkali tidak berjalan secara maksimal. Namun tidak ada salahnya Anda memasang antivirus untuk berjaga-jaga terhadap serangan aplikasi berbahaya, setidaknya Anda sudah meminimalisir aplikasi berbahaya tersebut untuk merusak sistem perangkat Android Anda.

Download Aplikasi dari Situs Terpercaya
Saat ini banyak sekali situs yang menyediakan aplikasi Android secara gratis. Namun jangan cepat tergiur dengan tawaran tersebut, karena bisa saja aplikasi tersebut merupakan aplikasi berbahaya. Usahakan untuk selalu mengunduh aplikasi dari Google Play atau Android Market, namun jangan lupa untuk selalu melihat testimoni terlebih dahulu.

Cek Rating Aplikasi
Saking cerdasnya para pembuat aplikasi berbahaya, mereka dapat menginjeksi aplikasi yang asli dengan malware, lalu di
publikasikan lagi. Sebelum anda unduh ada baiknya anda liat ratingnya terlebih dahulu, semakin tinggi rating berarti aplikasi tersebut sudah dipercaya oleh banyak orang. Jadi, berhati-hatilah terhadap aplikasi yang rating dan reputasinya belum tinggi dan populer meskipun tidak semua aplikasi yang berating rendah berisiko. Namunanda tetap harus berhati-hati.

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Hewlett-Packard Membuat Netbook dengan Sistem Operasi Android !

Next Post

Cara Mudah Untuk Membersihkan File dan Data yang Tidak Terpakai Pada Perangkat Android

Related Posts