Langkah Nyata Pemutusan Kerjasama Apple Terhadap Samsung

Setelah kemarin kabar retaknya hubungan kerjasama antara Apple dan Samsung dengan tidak ajaknya Samsung untuk produksi chip A7 selanjutnya, kini Apple benar-benar akan mengakhiri hubungan kerjasamanya tersebut.

Langkah nyata pemutusan hubungan kerjasama itu kian ditunjukkan Samsung juga dengan menghentikan pasokan komponen panel LCD ke Apple mulai tahun 2013.

“Samsung telah memangkas kiriman layar LCD ke Apple, dan mulai tahun depan tak akan lagi memasok komponen tersebut,” ujar narasumber pada harian The Korea Times, seperti dikutip oleh TechCrunch.
Menurut analis pasar DisplaySearch, Samsung adalah pemasok terbesar komponen panel LCD ke Apple selama 6 bulan pertama tahun 2012 dengan angka pengiriman melebihi 15 juta unit LCD. Pemasok terbesar kedua adalah LG yang mengirim 12,5 juta unit layar, diikuti Sharp dengan kiriman 2,8 juta unit.
“Akan tetapi, Samsung mengapalkan kurang dari 3 juta unit ke Apple selama kuartal ketiga tahun ini. Angka kiriman di kuartal empat diperkirakan kembali turun ke angka 1,5 juta unit.”
Menurut sumber sumber yang tidak mau disebutkan namanya hal itu terjadi karena Perusahaan Korea itu tidak bisa mengikuti permintaan Apple terkait harga panel LCD yang mengecilkan margin keuntungan Samsung. Kerjasama yang telah terbina selama bertahun-tahun itupun harus berakhir dengan kemantapan kedua belah pihak untuk tidak bekerjasama lagi untuk kedepannya.
Hal ini memang sangat disayangkan banyak pihak. Tapi Samsung masih beruntung meski ada kerugian yang cukup besar dengan putusnya kerjasama tersebut namun Samsung sendiri telah mendapat pesanan komponen display lebih banyak dari divisi consumer electronics perusahaan tersebut, dan dari Amazon yang merupakan salah satu pesaing Apple di bisnis tablet. Hal tersebut mampu menutup sejumlah dolar yang melayang akibat putus hubungan dengan Apple.

Sahrul
Biasa dikenal dengan nama "Yungky", mungkin karena wajahnya mirip dengan salah satu DJ ternama di Indonesia yang dipanggil "Wingky" (ngarep). Tiada hari tanpa main game, makanya lebih sering menggunakan PC dibanding Mac