Tips Mengoptimalkan Beberapa Fitur Android

PCtren – Pengguna Android di Indonesia kini terus meningkat. Hal ini disebabkan oleh kecanggihan dan “kepintaran” yang ditawarkan ponsel ini. Produsen ponsel sendiri selalu menemukan cara melakukan inovasinya, dengan menghadirkan berbagai fitur baru di ponsel Android versi terbarunya.
Namun, terkadang terdapat fitur-fitur baru yang tidak sempat dijelaskan, sehingga pengguna kadang harus mencarinya sendiri. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mendukung Anda agar lebih nyaman ketika mengoperasikan, berselancar atau menggunakan Android. Berikut adalah tips mengoptimalkan penggunaan Android.

Menggunakan keyboard
Anda yang biasa menggunakan keyboard fisik mungkin akan merasa kurang nyaman ketika harus menggunakan keyboard virtual yang biasanya terdapat di ponsel dengan teknologi layar sentuh (touchscreen). Nah, ada beberapa cara cepat yang bisa dilakukan dalam mengoperasikan keyboard virtual pada Android.
Anda bisa menekan tombol “?123” yang letaknya berada di posisi paling bawah, untuk berpindah dari mode huruf ke angka. Cara lain juga bisa Anda gunakan, misalnya dengan menekan tombol Q lebih lama untuk angka 1, menekan huruf W lebih lama untuk angka 2, menekan huruf E lebih lama untuk angka 3 dan seterusnya.
Di Android versi baru, biasanya sudah dilengkapi dengan fitur swype yang memungkinkan Anda untuk mengetik tanpa harus mengangkat jari dari keyboard virtual. Untuk mengaktifkannya bisa dilakukan dengan cara tekan tombol space bar lebih lama, lalu pilih menu “Select Input Method”, kemudian pilih swype.

Mengoptimalkan fitur unlock ponsel
Hampir sebagian besar dari Anda biasanya memasang password atau PIN untuk membuka halaman home di sebuah perangkat Android. Android sendiri sudah memasangkan fitur keamanan baru yang lebih canggih pada perangkat Android ini, yakni fitur face unlock. Fitur ini menggunakan kode wajah untuk menonaktifkan unlock.
Untuk mengaktifkan fitur ini Anda tinggal mencari menu setting, lalu security, lalu screen lock kemudian pilihlah face unlock. Ponsel yang tidak dilengkapi dengan kamera depan dan belakang dipastikan tidak dapat menggunakan fitur ini.

Mengoptimalkan fitur screenshot
Anda dimungkinkan mengambil gambar dengan cara screenhot dengan cara cepat. Caranya, cukup hanya dengan menahan tombol home dibarengi dengan menekan tombol volume down, maka kemudian system akan secara otomatis mengambil screenshoot. Hasil dari screenshot ini secara otomatis pula akan tersimpan di folder gallery. Fitur ini baru tersedia di Android versi 4.0 ke atas.

Melakukan akses cepat untuk pilih kontak
Biasanya Anda membutuhkan waktu yang agak lama saat mencari kontak favorit anda. Berikut ada cara cepat untuk langsung mencari kontak favorit Anda, yakni dengan memanfaatkan widget contact. Anda bisa memasang foto orang di kontak favorit Anda tersebut di layar home. Saat Anda ingin melakukan panggilan telepon ataupun melakukan SMS, Anda tinggal menekan foto tersebut maka akan langsung muncul kontak orang yang bersangkutan. Untuk mengaktifkan fungsi widget contact ini, Anda tinggal pilih menu all apps, lalu pilih widget. Kemudian pilih widget contact.