Cara Membuat Ponsel Blackberry Anda sebagai Modem

PCtren – Sebagian besar orang di Indonesia belum banyak yang mengetahui bahwa ponsel Blackberry juga dapat digunakan sebagai modem untuk komputer, sehingga bagi Anda yang merupakan pengguna setia ponsel Blackberry dapat melakukan aktivitas berselancar di dunia melalui komputer dengan hanya bermodalkan ponsel Blackberry Anda sebagai modemnya. Adapun langkah-langkah untuk dapat menjadikan ponsel Blackberry Anda sebagai modem untuk melakukan aktivitas berselancar di dunia maya melalui komputer, antara lain :

1.Pastikan komputer Anda telah terinstal aplikasi Blackberry Desktop Manager versi terbaru. Namun jika Anda belum memiliki aplikasi Blackberry Desktop Manager, Anda dapat mengunduhnya secara gratis di situs resmi Blackberry yang beralamat di www.blackberry.com .
2. Setelah aplikasi Blackberry Destop Manager terinstal di komputer Anda, sambungkan ponsel Blackberry Anda dengan komputer dengan menggunakan kabel USB.
3. Setelah Anda menyambungkan ponsel Blackberry dengan komputer, buka aplikasi Blackberry Desktop Manager yang sebelumnya telah Anda instal di komputer Anda.
4. Untuk dapat mengetahui apakah ponsel Blackberry Anda telah terdeteksi oleh komputer Anda adalah dengan cara membuka “Control Panel” melalui komputer Anda, lalu pilih “Modem Properties” atau “Phone and Modem Options”.
5. Jika ponsel Blackberry Anda telah terdeteksi oleh komputer Anda, akan muncul kotak dialog pada tab “Modem” dan akan muncul tampilan “Standart Modem” di dalamnya.
6. Setelah itu pilih tab “Advanced” dan tambahkan provider kartu selular yang Anda gunakan. Jika Anda menggunakan Telkomsel isi kolom “Extra Initialization Command” yang terdapat di dalam tab “Advanced” tersebut dengan kode at+cgdcont= 1, “IP”, “telkomsel” dan setelah itu klik “OK”.

Setelah melakukan langkah-langkah tersebut, untuk dapat melakukan aktivitas berselancar di dunia dengan bermodalkan ponsel Blackberry sebagai modem, Anda harus membuka aplikasi Blackberry Desktop Manager terlebih dahulu untuk dapat mendapatkan koneksi internet melalui ponsel Blackberry Anda.

Bayu Aditya Putra
Hobinya ngoprek Android. Bahkan Android sudah dianggap seperti saudara kandungnya sendiri. Menurutnya, jika ia memakan Es Krim dengan Sandwich, Coklat KitKat dan Permen Jelly Bean adalah tindakan kanibalisme....