Tips Mencegah Malware Menyerang Smartphone Anda

PCtren – Dengan terkenalnya sistemi operasi Android dan iOS saat ini merupakan lahan segar bagi para pembuat virus malware untuk dapat menembus sistem keamanan dari kedua sistem operasi tersebut. Namun hal tersebut tidak disadari secara penting oleh sebagian orang awam yang memiliki perangkat dengan sistem operasi Android ataupun iOS bahkan mereka justru mengunduh aplikasi dengan tidak hati-hati, padahal bahaya terhadap perangkat tersebut sedang terancam oleh infeksi dari virus malware yang bersembunyi di dalam aplikasi yang mereka unduh. Bagi Anda pengguna berbagai perangkat dengan sistem operasi Android ataupun iOS, ada baiknya untuk melakukan pencegahan dengan sistem keamanan yang kuat untuk melindungi perangkat Anda dari serangan virus malware. Terdapat beberapa tips yang patut Anda coba ikuti untuk mencegah virus malware menjangkiti perangkat Anda yang nantinya dapat berpengaruh buruk terhadap kinerja perangkat Anda. Adapun tips-tips yang dapat Anda coba ikuti untuk melindungi perangkat Anda dari serangan virus malware, antara lain :

1. Memperhatikan Review
Hal yang satu ini merupakan tindakan yang sederhana namun dapat mengurangi perangkat Anda terkena serangan dari virus malware. Pada saat Anda ingin mengunduh sebuah aplikasi, ada baiknya untuk memperhatikan review dari orang lain yang sebelumnya terlebih dahulu telah mengunduh aplikasi yang Anda inginkan, lihat apa komentar orang lain pada saat telah menggunakan aplikasi tersebut. Dengan melihat komentar orang lain yang telah menggunakan aplikasi yang Anda inginkan, Anda dapat lebih mudah menganalisa aplikasi tersebut aman atau tidak untuk Anda gunakan di perangkat Anda.

2. Memeriksa Developer
Developer atau pembuat aplikasi yang Anda inginkan juga sangat wajib Anda teliti terlebih dahulu. Usahakan menggunakan aplikasi yang dibuat oleh Developer yang telah ternama, seperti Electronic Arts, Gameloft, EA dan berbagai Developer terkenal lainnya sehingga Anda dapat lebih merasa aman untuk mengunduh aplikasi yang Anda inginkan.

3. Permission pada Android
Bagi Anda pengguna perangkat dengan sistem operasi Android pada saat setiap menginstal sebuah aplikasi, sistem operasi akan meminta permission atau persetujuan dari Anda untuk akses dari aplikasi yang ingin Anda instal. Jika aplikasi tersebut Anda rasa terlalu leluasa meminta sesuatu yang merupakan privasi Anda seperti nomor telepon atau email, Anda harus hati-hati karena bias saja aplikasi tersebut mengandung virus malware yang nantinya dapat mengakses privasi Anda secara ilegal.

4. Memasang Antivirus
Langkah yang berikut ini merupakan langkah yang sangat direkomendasikan dan sangat praktis. Dengan memasang Antivirus yang terpercaya seperti NetQin, McAfee, Kaspersky dan Antivirus-Antivirus terpercaya lainnya Anda dapat lebih mudah mencegah virus malware menjangkiti perangkat dan sistem operasi Anda. Antivirus-Antvirus terpercaya tersebut dapat Anda unduh secara gratis di Google Play untuk Anda pengguna Android dan Apple Store untuk Anda pengguna iOS. Sebelum mengunduh antivirus tersebut, jangan lupa untuk tetap memperhatikan review atau komentar orang lain karena pembuat virus malware dapat mengatasnamakan aplikasi Antivirus terpercaya tersebut.

Dari tips-tips yang telah disebutkan diatas masih ada langkah yang tidak kalah pentingnya, yaitu dengan tidak mengakses situs-situs yang menurut Anda kurang familiar. Dengan mengakses situs-situs yang menurut Anda kurang familiar, virus malware juga dapat memiliki kesempatan untuk menyerang perangkat Anda.

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Amankan Isi WhatsApp Anda dengan WhatsApp Lock

Next Post

Cara Membuat Ponsel Blackberry Anda sebagai Modem

Related Posts