Mengenal Apa Itu Root, ROM dan Custom ROM pada Android

PCtren – Bagi Anda pengguna perangkat Android pasti pernah mendengar beberapa istilah Android yang sangat asing di telinga Anda. Ada beberapa istilah Android yang paling sering dibicarakan oleh para pengguna Android seperti Root, ROM dan Custom ROM. Bagi Anda yang belum mengetahui apa arti dari ketiga istilah tersebut, berikut penjelasannya.

Root
Definisi root secara sederhana dapat dijelaskan sebagai sistem akun yang memberikan akses penuh terhadap sistem file perangkat Android. Atau disebut juga sebagai akses super user yang merupakan hak akses tertinggi dalam sistem operasi Android. Dengan melakukan root, maka pengguna memegang penuh hak atas akses dan eksuksi file, aplikasi, dan semua bagian piranti lunak Android.

Secara default, hak akses penuh tersebut tidak diberikan kepada pengguna bahkan pemilik perangkat sekalipun. Hal ini bertujuan mencegah akses terhadap file-file yang bersifat penting yang dapat mengakibatkan kerusakan apabila disalahgunakan. Resiko terburuk adalah kerusakan sistem secara permanen yang berpotensi merugikan pengguna perangkat.

ROM
Istilah ROM pastinya sering pula Anda dengar dan baca, ROM sendiri merupakan singkatan dari Read Only Memory yang apabila didefinisikan adalah media penyimpanan file sistem di mana jenis data yang terkandung di dalamnya tidak dapat diisi, di-edit atau dibuat melainkan hanya dapat dibaca serta bersifat tidak mudah hilang atau permanen.

Itu perbedaan mendasar antara ROM dan RAM, jika ROM hanya bisa dibaca sebaliknya RAM sangat bisa diisi dengan data sewaktu-waktu. Data dalam ROM dapat dimodifikasi hanya dengan prosedur yang namanya flashing. Prosedur flashing membutuhkan pemahaman yang baik akan sistem operasi, sehingga tidak akan kita bahas secara mendalam di ulasan kali ini.

Custom ROM
Pada dasarnya tidak ada perbedaan definisi antara custom ROM dan ROM, perbedaan keduanya hanya terletak pada proses modifikasi dan hasil akhir yang didapatkan. Di mana custom ROM merupakan hasil dari modifikasi pihak ketiga terhadap sistem file firmware perangkat tertentu dalam hal ini adalah Android atau disebut juga Android mod

Dengan kata lain Custom ROM adalah sebuah sistem operasi oprekan yang tidak terikat lagi ke vendor tertentu, melainkan sudah berdiri sendiri lengkap dengan kernel, service, driver, aplikasi dan sistem file pendukung lainnya sehingga dapat berjalan dalam perangkat.

Sahrul
Biasa dikenal dengan nama "Yungky", mungkin karena wajahnya mirip dengan salah satu DJ ternama di Indonesia yang dipanggil "Wingky" (ngarep). Tiada hari tanpa main game, makanya lebih sering menggunakan PC dibanding Mac