Tips Menghemat Kuota : Aktifkan Fitur Reduce Data Usage

PCtren – Kebanyakan ponsel dengan sistem operasi Android dibuat menjadi sebuah ponsel dengan kelas mid-end atau high end. Dengan ponsel kelas mid-end atau high-end, ponsel dengan sistem operasi Android tersebut biasanya memiliki layar yang cukup besar serta dengan kinerja ponsel yang sangat maksimal dibandingkan ponsel-ponsel lainnya. Dan kebanyakan dari para pengguna ponsel dengan sistem operasi Android, menjadikan ponselnya tersebut untuk melakukan berbagai kegunaan yang dapat memenuhi kebutuhan mereka, salah satunya adalah browsing ke berbagai situs di dunia maya. Namun beberapa pengguna ponsel dengan sistem operasi Android, banyak sekali yang mengeluhkan kuota internet mereka cepat sekali habis. Hal tersebut sebenarnya tidak berpengaruh terhadap ponsel yang mereka miliki, namun sebagian orang belum mengetahui bahwa yang membuat kuota internet mereka cepat sekali habis adalah karena mereka mengakses berbagai website dengan gambar atau video kualitas besar yang terdapat di website tersebut. Gambar ataupun video yang terdapat di dalam website yang bersangkutan, sebenarnya dapat lebih menguras kuota internet Anda sebagai contoh website Facebook, YouTube, Google Image dan website lainnya yang serupa. Selain dapat menguras kuota internet Anda, mengakses situs dengan gambar ataupun video kualitas besar akan terasa sangat lambat dibandingkan dengan Anda mengakses sebuah website yang berisi hanya tulisan dan gambar serta video dengan kualitas kecil.

Untuk dapat mengatasi masalah tersebut, salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan menggunakan browser yang memiliki fitur Reduce Data Usage, karena dengan fitur tersebut ukuran data yang akan diterima oleh browser akan jauh lebih kecil karena telah di kompres sebelumnya. Saat ini terdapat 2 browser yang direkomendasikan untuk Anda gunakan dan memiliki fitur Reduce Data Usage, browser tersebut adalah Google Chrome Mobile dan Opera Mini Mobile. Kedua browser tersebut saat ini telah memiliki fitur Reduce Data Usage yang sangat berguna untuk lebih menghemat kuota internet Anda dan pada saat Anda mengakses website tertentu, Anda juga akan mendapatkan kecepatan yang jauh lebih cepat dibandingkan sebelum Anda mengaktifkan fitur Reduce Data Usage yang telah dimiliki oleh kedua browser tersebut. Adapun langkah untuk mengaktifkan fitur Reduce Data Usage yang dimiliki oleh kedua browser tersebut, antara lain :

Google Chrome Mobile
Untuk mengaktifkan fitur Reduce Data Usage yang dimiliki oleh Google Chrome Mobile adalah dengan cara mengakses menu Setting > Advance > Bandwidth Management, lalu aktifkan Reduce Data Usage kedalam posisi ON.

Opera Mini Mobile
Dan untuk mengaktifkan fitur Reduce Data Usage pada Opera Mini Mobile, langkah yang harus Anda lakukan adalah dengan cara mengakses menu dengan icon Opera Mini yang berlambang O, lalu aktifkan Off-Road Mode kedalam posisi ON.

Dengan mengaktifkan fitur Reduce Data Usaga pada kedua browser tersebut, kualitas gambar atau video yang terdapat di dalam website yang akan Anda tuju kualitas gambar atau videonya akan menurun hingga 9% untuk Google Chorme Mobile dan 78% untuk Opera Mini Mobile karena telah di kompres oleh fitur Reduce Data Usage tersebut, sehingga kuota internet yang Anda miliki akan jauh lebih hemat dan Anda tidak perlu lagi khawatir kuota internet Anda akan cepat habis.

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Tips Aman Menggunakan Instagram

Next Post

Tips Menggunakan Media Sosial Sebagai Produktivitas

Related Posts