Tips Aman Menggunakan Instagram

PCtren – Pengguna jejaring sosial jumlahnya terus meningkat. Dengan demikian, jumlah jejaring sosial sendiri juga terus bertambah. Saat ini saja, Anda pasti mengetahui beberapa jejaring sosial yang cukup populer di masyarakat sepetri Facebook, Twitter dan Instagram. Satu orang bisa jadi memiliki lebih dari satu jejaring sosial.
Salah satu jejaring sosial yang kini cukup diminati adalah Instagram. Saat ini Anda baru bisa menggunakan Instagram di ponsel berbasis Android. Instagram sendiri saat ini makin populer karena beberapa fitur keunggulan yang dimilikinya. Salah satu yang membuat Instagram diminati karena adanya fitur unggah dan edit foto.

Sayangnya, para pengguna Instagram saat ini harus lebih mewaspadai terjadinya kejahatan cyber di Instgaram. Kejahatan cyber di dunia maya kali ini menggunakan teknik Scammer untuk menyerang sebuah jejaring sosial. Misalnya, saat pengguna jejaring sosial melakukan akivitas berbagi foto di Instagram.

Metode yang digunakan dalam teknik scammer ini adalah pada saat menerima sebuah notifikasi di kolom komentar dari sebuah akun yang tidak dikenal oleh Anda. Akun scammer ini biasanya muncul dengan profil seorang wanita dengan ribuan follower. Anehnya, user ini tidak pernah memasang posting foto. Pada profil, wanita ini biasanya terdapat pesan yang sama seperti komentar yang dilengkapi dengan sebuah URL. Nah, URL ini biasanya akan diarahkan ke beberapa informasi. Bisa mengenai sebuah iklan lowongan pekerjaan palsu di media sosial, atau bisa juga soal tawaran get paid $250/day To Mess Around on Facebook and Instagram. Ciri lainnya lagi yang bisa And akenali adalah akun/user ini biasanya hanya akan memberikan nama dan alamat email saja.

Kalau Anda menemukan tipe spam seperti ini, maka Anda harus berhati-hatri, karena biasanya ini hanya penipuan belaka. Agar tidak terkena penipuan seperti ini. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan. Ikuti lagkah-langkah berikut :
1. Pertama-tama, atur akun Anda menjadi private. Gunanya untuk mengontrol siapa saja yang dapat memfollow anda.
2. Sebaiknya Anda lebih selektif dalam memfollow user/akun lain. Jika Anda tidak mengenal dengan baik, maka lebih baik diabaikan saja.
3. Hindari untuk mengklik sembarangan URL, terutama yang dipendekkan.
4. Usahakan untuk tidak memfollow atau menerima follower tanpa adanya profil foto dari akun/user tersebut, kecuali Anda memang mengenalnya.
5. Instagram ini dilengkapi oleh fitur laporan untuk kemanan Instagram Anda untuk melindungi informasi pribadi yang ada pada instagram Anda. Karenanya, sebaiknya segera laporkan setiap akun/user dan juga komentar mencurigakan yang Anda terima dalam Instagram. Lalu ikuti pedoman privacy dan safety yang terdapat dalam Instagram.

Mengeksplorasi sebuah jejaring sosial memang mengasyikkan. Tetapi Anda tetap harus melakukannya dengan cara yang aman.

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Blackberry Mengklaim Perangkat Blackberry 10 OS Lebih Aman dari Serangan Cyber Crime

Next Post

Tips Menghemat Kuota : Aktifkan Fitur Reduce Data Usage

Related Posts