Blackberry Mengklaim Perangkat Blackberry 10 OS Lebih Aman dari Serangan Cyber Crime

PCtren – Menggunakan ponsel pintar tak berarti menjamin keamanan karena ponsel pintar juga makin rawan penyalahgunaan. Masalah keamanan itu sendiri telah lama menjadi isu utama. Kerawanan makin meningkat belakangan manakala semakin banyak malware yang menyerang perangkat ponsel pintar.

Berdasarkan laporan Internet Crime Complaint Center, saat ini terdapat berbagai variasi serangan malware yang banyak menyerang perangkat berbasis Android, seperti Loozfon dan FinFisher. Malware-malware tersebut memiliki jenis yang berbeda dengan fungsi yang berbeda pula. Ada malware yang digunakan untuk mencuri data penting, adapula malware yang digunakan untuk mengambil alih perangkat yang telah terinfeksi.

Kekhawatiran juga dirasakan oleh para pengguna Blackberry. Bahkan Blackberry merasa perlu untuk mendesain produk yang didukung tingkat dan kualitas keamanan yang tinggi. Salah satu produknya, yakni blackberry 10 diyakini menjadi produk yang memiliki platform yang mampu melindungi dari berbagai masalah kemanan yang ada.

Apa yang membuat blackberry 10 dinilai lebih aman dibandingkan tipe lainnya? Sistem operasi blackberry 10 menggunaan micro kernl QNX yang memiliki fitur keamanan yang telah teruji selama lebih dari puluhan tahun. Demikianlah yang dikutip dari Alex Saunders, yang merupakan Developer Relations & Ecosystem Development Vice President Research in Motion. Basis dari QNX juga telah digunakan sebagai fitur yang mendukung keamanan oleh berbagai industri seperti militer dan juga otomotif.

RIM sendiri memiliki system atau prosedur yang menjamin keamanan dengan menggunakan mekanisme penyaringan untuk aplikasi yang masuk atau diupload ke aplikasi Blackberry 10. Aplikasi yang digunakan tersebut telah tersertifikasi Built for Blackberry. Sertifikasi yang digunakan pada sistem operasi Blackberry 10 dengan perangkat Sertifikat Federal Information Processing Standards (FIPS) 140-2 telah diberikan oleh Nasional Standar dan Teknologi AS. Ini merupakan yang pertama kalinya produk BlackBerry mendapat sertifikat FIPS.

Keberadaan sertifikasi ini semakin mengukuhkan reputasi perangkat dengan fitur keamanan bagi Anda dan para pengguna Blackberry lainnya. Sehingga kini Anda dan para pengguna Blackberry lainnya tidak perlu khawatir dalam hal kemanan, meski Anda juga tetap disarakan untuk menjaga sendiri keamanan data Anda.

Bayu Aditya Putra
Hobinya ngoprek Android. Bahkan Android sudah dianggap seperti saudara kandungnya sendiri. Menurutnya, jika ia memakan Es Krim dengan Sandwich, Coklat KitKat dan Permen Jelly Bean adalah tindakan kanibalisme....