5 Aplikasi Terbaik Penguji Kemampuan Ponsel Android

PCtren – Kecepatan dan koneksi internet menjadi salah satu keunggulan ponsel Android. Ditambah lagi dengan kemampuan menampung dan menjalankan berbagai aplikasi menarik, menjadikan Android sebagai ponsel yang banyak diburu saat ini.
Namun, ponsel Android tetaplah saja sebuah ponsel yang memiliki keterbatasan. Untuk mengetahui kemampuan dan kapasitas Android Anda, maka Anda bisa mencobanya dengan menjalankan beberapa aplikasi benchmark (pengukuran). Dari situ Anda akan mengetahui seperti apa kinerja maksimal dari ponsel pintar Anda.
Aplikasi benchmark yang dimaksud di atas memang berfungsi untuk melakukan pengujian, sehingga Anda bisa megukur kinerja perangkat saat menjalankan aplikasi tertentu, seperti saat menjalankan aplikasi games dan melakukan browsing atau berselencar internet. Aplikasi ini diakui memiliki standar baik dan bisa direlikasikan tanpa variasi pada beban pengujian.
Berikut adalah beberapa software aplikasi benchmark yang bisa dipakai untuk mengetahui performa dan kinerja perangkat Anda. Aplikasi ini biasanya juga tersedia di platform Android maupun iOS.

1. Vellamo
Aplikasi benchmark ini merupakan rancangan Qualcomm. Aplikasi ini berfungsi untuk mengukur kinerja browsing melalui serangkaian pengujian berbasis HTML5. Ada dua tipe pengujian, yakni “Metal” dan “Extras”, masing-masing berfungsi untuk mengukur kinerja prosesor dan video streaming.

2. AnTuTu
AnTuTu merupakan software aplikasi benchmark Android yang paling banyak dipakai. Pengujian dalam aplikasi ini menggunakan beberapa aspek, diantaranya kinerja 3D dan prosesor. Hasil pengujian dari beberapa aspek itu kemudian digabungkan untuk memberi hasil atau gambaran kinerja keseluruhan dari perangkat yang diuji.

3. Geekbench 2
Aplikasi Geekbench biasanya dipakai untuk membandingkan New iPad dengan Galaxy Note karena aplikasi ini dapat berjalan di dua platform berbeda tersebut. Aplikasi Geekbench merupakan aplikasi benchmark multiplatform. Aplikasi ini juga bisa diperoleh gratis di Google Play Store. Selain itu, software aplikasi ini juga bisa Anda dapatkan di Apple iTunes App Store.

4. SunSpider
Selain Geekbench, ada aplikasi benchmark multiplatform lainnya yang juga bisa Anda gunakan, yakni SunSpider. Aplikasi benchmark ini tidak hanya bisa berjalan di Android dan iOS, tetapi juga di platform lainnya yang memiliki browser web. Anda dapat memperoleh SunSpider dengan mengakses webkit.org. Anda juga bisa mengunduh aplikasi SunSpider di halaman melalui browser dan langsung melakukan benchmark.
Cara kerja dari SunSpider adalah dengan mengukur kinerja JavaScript yang memang menjadi fondasi situs-situs dan browser internet. Hasil pengukuran biasanya ditampilkan dalam satuan waktu (milidetik). Menilainya adalah dengan cara, semakin singkat waktunya maka semakin tinggi pula performa sebuah perangkat.
Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk membandingkan kinerja beberapa browser yang berbeda dalam satu perangkat. Hal ini untuk mendeteksi browser mana yang paling kencang.

5. GLBenchmark
Aplikasi benchmark populer ini merupakan hasil rancangan Kishonti. Fungsi dari aplikasi yang satu ini adalah untuk mengukur kinerja pengolahan grafis 3D sebuah perangkat atau gadget.

Bayu Aditya Putra
Hobinya ngoprek Android. Bahkan Android sudah dianggap seperti saudara kandungnya sendiri. Menurutnya, jika ia memakan Es Krim dengan Sandwich, Coklat KitKat dan Permen Jelly Bean adalah tindakan kanibalisme....