Tips Memilih Ponsel Android

PCtren – Ponsel dengan sistem operasi Android kini tengah digandrungi. Apalagi, ponsel pintar ini menawarkan harga yang bervariasi dari berbagai merek. Harganya mulai dari yang mahal untuk kalangan atas, hingga yang murah atau terjangkau untuk lapisan menengah ke bawah. Selain itu, Android juga merupakan ponsel yang cocok digunakan untuk berbagai usia.
Dengan tersedia dalam berbagai tipe, merek, dan harga, Anda tentu harus pintar-pintar memilihnya. Berbeda dengan memilih ponsel pada umumnya, ada beberapa kriteria yang kerap menjadi perhatian dalam memilih ponsel Android.
Memilih ponsel ini hampir sama dengan memilih sebuah PC (personal computer). Anda harus memperhatikan hardware yang memang menjadi jantungnya Android. Berikut adalah beberapa tips dalam memilih Andorid :

  • Keberadaan Update Sistem Operasi

Android memiliki sistem operasi. Sama seperti komputer, sistem operasi ini memerlukan update secara berkala. Sayangnya, tak semua produsen Android menyediakan update tersebut.

  • Kualitas Prosesor

Prosesor merupakan pengendali jalannya sistem. Kualitas prosesor menentukan kecepatan kerja dari Android. Beberapa jenis prosesor diantaranya, MTK, Cortex, dan Allwiner. Kualitas prosesor meliputi konsumsi tenaga, kecepatan dan lain-lain. Kerja procesor juga memerlukan dukungan RAM dan GPU yang ada pada ponsel Android.

  • Kapasitas RAM

RAM atau Random Acces Memory adalah yang dapat menentukan berapa banyak file atau program yang dapat dijalankan secara bersamaan oleh Android. Kapasitas RAM ada bermacam-macam, mulai dari 256MB, 512MB hingga 2GB.

  • Memori Internal

Ponsel pintar ini dilengkapi dengan memori internal. Semakin besar kapasitas penyimpanan melalui memori internal, maka akan semakin baik.

  • Akses Jaringan

Ponsel Android yang bagus adalah ponsel yang dilengkapi dengan akses jaringan internet yang cepat. Biasanya, produk Android memiliki jaringan 3G ataupun 4G. Agar koneksinya bisa cepat dan tidak tersendat, gunakan provider yang memiliki semua syarat tersebut. maka Anda baru bisa menggunakan Android dengan nyaman.

  • Ukuran Layar

Sebagian besar jenis layar Android adalah jenis touchscreen. Adapun besarnya layar bisa berbeda-beda, mulai dari 2.8″ hingga 10.1″. Makin besar layar maka akan semakin memberikan kenyamanan si pemakainya. Besarnya layar harus disesuaikan pula dengan kapasitas prosesor, karena akan mempengaruhi kinerja Android. Selain ukuran layar, jenis layar juga menentukan ketajaman tampilan. Layar yang sering digunakan di ponsel Android adalah jenis layar LCD, TFT, ataupun IPS.

  • Warna dan Resolusi Layar

Ketajaman layar pada Android dipengaruhi oleh warna dan resolusi layar. Ada berbagai macam resolusi dan warna pada layar Android. Resolusi mulai dari 320×240 pixel, 480×320 pixel, 800×480 pixel, dan 1024×600 pixel. Sementara untuk warna, mulai dari warna 65 ribu, 262 ribu, hingga 16 juta warna.

  • Baterai

Banyak ponsel yang boros baterai. Pemakaian baterai dipengaruhi oleh banyaknya aplikasi yang berjalan di ponsel Android Anda. Semakin besar kapasitas baterai maka akan semakin banyak aplikasi yang bisa dijalankan. Baterai yang digunakan pada ponsel Android biasanya seperti baterai 1300 mAh, dan 2000 mAh.

  • Konektifitas

Konektifitas adalah media yang bisa menghubungkan ponsel Android dengan perangkat lain seperti PC atau internet. Konektifitas yang digunakan pada ponsel Andorid bisanya port USB, Bluetooth, dan Wi-Fi. Konektifitas data yang menghubungkan ponsel Android dengan internet seperti GPRS / EDGE / 3G / HSDPA.

  • Kamera

Fitur kamera menjadi pertimbangan penting bagi hampir setiap orang yang membeli ponsel. Pasalnya, ponsel pintar seringkali dimanfaatkan pula sebagai alat pengganti kamera digital. Kamera pada ponsel Android yang biasa digunakan memiliki resolusi 2 Megapixel, 3.2 Megapixel, 5 Megapixel, 8 Megapixel hingga 12 Megapixel. Kamera ini biasanya juga dilengkapi dengan fitur Auto focus dan Flash.

Bayu Aditya Putra
Hobinya ngoprek Android. Bahkan Android sudah dianggap seperti saudara kandungnya sendiri. Menurutnya, jika ia memakan Es Krim dengan Sandwich, Coklat KitKat dan Permen Jelly Bean adalah tindakan kanibalisme....