Intip Hasil Foto Low Light realme 9 Pro+, HP Flagship Terbaru realme

realme akan segera meluncurkan smartphone flagship in mid-range mereka yakni realme 9 Pro+. Smartphone ini memiliki kemampuan kamera khas flagship berkat dukungan hardware yang mumpuni. Smartphone flagship camera ini ditopang oleh sensor Sony IMX766 dan dukungan OIS.

Sensor ini biasanya ditemui pada smartphone flagship premium yang punya rentang harga diatas Rp 5 jutaan. Sony IMX766 menawarkan kualitas ketajaman serta penyerapan cahaya yang sangat baik dan ditujukan bagi para anak muda yang hobi mengabadikan momen melalui lensa kamera smartphone mereka.

Sekadar informasi, realme 9 Pro+ merupakan smartphone mid-range pertama realme yang mengadopsi sensor ini. Sony IMX766 memiliki ukuran sensor hingga f/1.56 yang tentunya dapat mengcapture foto secara lebih detail dan tajam serta sangat bisa diandalkan untuk mengambil foto dalam keadaan low-light.

Sony IMX766 sendiri memiliki ukuran sensor yang lebih besar ketimbang seri terdahulunya yakni IMX689. Dengan ukuran sensor yang lebih besar, maka asupan cahaya yang masuk menjadi lebih banyak dan mengakomodir besaran megapiksel lebih tinggi.

Selain dukungan sensor flagship, realme 9 Pro+ juga menjadi smartphone pertama dengan dukungan hardware OIS di kelas mid-range. Biasanya mengambil foto minim cahaya membutuhkan waktu cukup lama karena kamera harus menangkap cahaya sebanyak mungkin dan tangan pengguna cenderung tidak stabil sehingga menyebabkan hasil foto blur. Disini OIS berperan sangat penting karena akan membantu menstabilkan kamera ketika menangkap cahaya dan memproses gambar.

Ujung-ujungnya, kamera realme 9 Pro+ mampu menghasilkan foto low light dengan lebih terang, tajam dan memberikan detail di setiap bagian terkecil pada sebuah foto. Sebelum smartphone ini benar-benar diluncurkan ke pasaran, kami berkesempatan untuk menjajal kamera flagship realme 9 Pro+ dan berikut hasilnya.

hasil photo low light realme 9 pro+

Pada foto di atas, bisa dilihat bagaimana kamera smartphone ini mampu menghasilkan sebuah foto layaknya menggunakan kamera profesional dimana terdapat fitur Long Exposure yang bisa kami bisa manfaatkan untuk menghasilkan foto ‘bulb’ seperti ini.

hasil foto realme 9 Pro+ juga terbilang tajam dengan tingkat noise yang sangat minim. Warna langit pun juga tetap jelas dan tampak vivid. Pada smartphone mid-range lainnya, biasanya warna langit pada malam hari agak kemerahan karena kamera smartphone tersebut agak memaksakan tingkat brightness pada foto low ligh

hasil photo low light realme 9 pro+

Pada foto kedua, kami menggunakan mode malam atau Nightscape. Foto yang dihasilkan pun cukup tajam dengan koreksi warna yang sesuai, tidak kemerahan dan tidak kuning.

Hal ini berkat kemampuan unik dari sensor Sony IMX766 yang bisa memaksimalkan penggunaan algoritma HDR dasar. Pada kondisi low light, sensor ini mampu mengoreksi white balance lebih baik ketimbang sensor sebelumnya yang cenderung menjadikan foto tampak lebih menguning.

Dengan hasil foto di atas, kami menyimpulkan bahwa kamera realme 9 Pro+ punya kualitas foto low light yang setara bahkan lebih baik ketimbang kamera smartphone flagship premium yang ada di pasaran saat ini.

Smartphone ini rencananya akan segera meluncur ke pasar Indonesia pada 16 Februari 2022 mendatang dengan bocoran harga sekitar Rp 4 jutaan. Nantikan review lengkapnya terkait smartphone flagship in mid-range ini hanya di PCtren.com

Isa Jahangir
Seorang pesepeda yang pemalu dan pendiam. Suka membongkar berbagai macam barang dan lupa buat membetukan lagi.