Begini Cara Kembalikan File WhatsApp yang Hilang

Kalian menjadi penguna setia WhatsApp ? bakan file terepentingmu ada pada perecakapan di aplikasi WhatsApp ?. Pasti kalian akan panik jika whatapp kalian tiba-tiba error atau bahkan tau-tau watsapp kalian terreestart dengan sendirinya sehingga semua file kalian muali dari foto, video, hingga dokumen penting bereagam format juga ikut hilang.

Dalam hal ini whatsapp memanfaatkan penyimpanan internal untuk menyimpan semua filenya serta layanan cloud untuk menyimpan data obrolan. Bagi kalian penguna Android, Google Drive menjadi layanan penyimpanan, Sementara iOS menggunakan ICloud.

Hilangnya file pada media whatsapp banyak macamnya. Bisa disebabkan dari ketidak sengajaan terapus dari galeri, atau data yang terapus otomatis karena memory anda suda penu. Bahkan juga bisa disebabkan dari piak ketiga. Jangan hanya pasrah kalian bisa mengusahakan dengan cara-cara berikut ini.

Cari Media WhatsApp Hilang dari File Backup

Pertama kali saat anda mengaktifkan WhatsApp secara otomatis aplikasi akan mengingatkanmu untuk mengaktifkan fitur backup, yang bisa dilakukan otomatis secara berekala. Fitur ini wajib hukumnya untuk diaktifkan, bermanfaat ketika situasi seperti media WhatsApp hilang terjadi.

Kalau kamu sudah mengaktifkan fitur tersebut, mudah saja untuk kembalikan foto dan video WhatsApp yang hilang. Kamu bisa hapus aplikasi, kemudian install dan lakukan proses login dari awal. Nantinya WhatsApp bakal otomatis temukan file backup dan restore semuanya secara penuh.

Dengan begitu, file yang tidak sengaja terhapus akan kembali lagi. Tentu dengan catatan, file yang kembali sesuai dengan waktu terakhir backup, ya. Ada baiknya untuk mengaktifkan fitur backup harian otomatis, supaya obrolan yang berlangsung dalam 24 jam terakhir sudah otomatis tercadangkan.

Cari Pada Galery Anda

Kalau kamu tidak sengaja menghapus foto dari dalam aplikasi WhatsApp, masih ada kemungkinan bila media tersebut sudah atau masih tersimpan secara lokal. Di Android, hal ini berjalan otomatis, dan bisa kamu temukan pada folder WhatsApp Images, WhatsApp Video maupun WhatsApp Documents di smartphone Android. Sementara di iOS sedikit berbeda.

Media WhatsApp bakal tersimpan otomatis bila fitur tersebut diaktifkan, dan akan menyatu bersama media lainnya di dalam aplikasi Photos. Bila media WhatsApp hilang namun masih ada di galeri, setidaknya masih aman dan bisa ditemukan kembali. Bisa jadi aplikasi hanya mengalami error sementara, jadi kamu bisa mencoba untuk lakukan restart atau tutup aplikasi terlebih dahulu.

Periksa File Manager Anda

Bila kamu baru saja melakukan pembaruan software dari Android versi lawas ke Android 11, ada kemungkinan kalau sistem penyimpanan medianya jadi berubah. Sehingga saat kembali membuka WhatsApp, yang muncul hanya teks obrolan saja, sementara media lawas tampil buram. Mengalami hal ini? Tidak usah khawatir.

Buka aplikasi manajer file, kemudian cari folder WhatsApp. Di dalamnya bakal ada tiga folder yaitu Backups, Database serta Media. Pindahkan tiga folder tersebut ke Android – media – com.whatsapp, yang menjadi direktori terbaru penyimpanan data aplikasi WhatsApp di Android 11.

Setelah semuanya berhasil dipindah, kamu bisa tutup aplikasi WhatsApp dan buka kembali, atau lakukan restart terlebih dahulu. Jika sudah, maka media WhatsApp yang hilang bakal kembali muncul dengan normal. Sayangnya, metode ini tentu tidak berlaku di perangkat iOS.