PCTren Editorial Choice: Most Worth It Laptop, realme Book

Most Worth It Laptop, realme Boo

Mencari laptop yang desainnya keren, punya spek tinggi, dan adem meski dipakai untuk menjalankan tugas-tugas berat di rentang harga 10 jutaan rupiah sebenarnya tidak terlalu sulit.

Akan tetapi, kalau fokusmu adalah mencari laptop yang didesain untuk creator muda dan dilengkapi dengan fitur premium serta spek yang kekinian, tentu tidak mudah!

Tapi jangan khawatir, karena disini kami akan mencoba mengulas 4 buah laptop yang paling worth it di rentang harga 10 jutaan. Dan, kami akan mencoba memilih satu yang terbaik, yang akan kami nilai berdasarkan fitur, harga, dan spesifikasinya untuk dinobatkan sebagai laptop 10 jutaan terbaik dan bisa kami kategorikan sebagai “Most Worth it Laptop.”

Rekomendasi Laptop 10 Jutaan Terbaik, PCTren Editorial Choice: Most Worth It Laptop

Sebagai konsumen, kita dituntut untuk berlaku jeli dalam memilih setiap produk yang akan kita beli. Jangan sampai, kita tertipu gimmick marketing yang kerap digunakan oleh produsen elektronik untuk mengambil minat para konsumen.

Untuk laptop harga 10 jutaan, kami telah menyortir beberapa kandidat dan mengerucutkan pilihan kami pada 4 merk terpercaya yaitu, Asus, Acer, Lenovo, dan realme sebagai pendatang baru–sekaligus penantang serius.

ASUS VivoBook Ultra 14 K413EA

ASUS VivoBook Ultra 14 K413EA varian Intel Core i5-1135G7 dihargai sekitar Rp 11.099.000 dan varian di bawahnya yang dibanderol Rp 9 jutaan justru hanya dibekali prosesor Intel Core i3. Sedangkan tipe di atasnya yang lebih tinggi, yaitu tipe K413EQ varian Core i5-1135G7 ternyata dibanderol dengan harga Rp 12.499.000.

Acer Aspire 5 Slim A514-54

Acer Aspire 5 Slim A514-54 adalah alternatif laptop 10 jutaan pilihan editor lainnya yang worth it untuk dibeli. Laptop yang ditawarkan dengan harga sekitar Rp 10.599.000 ini dibekali dengan, prosesor Intel Core i5 gen 11, sistem operasi Windows 10 Home Edition, RAM 8GB, SSD PCIe NVMe 512GB, wireless Wi-Fi 6, layar 14 inci tipe IPS, serta konektivitas bluetooth 5.1.

Lenovo IdeaPad Slim 3i 14ITL6

Lenovo IdeaPad Slim 3i 14ITL6 adalah laptop lain yang masuk kriteria Editor Choice. Laptop yang dibanderol Rp. 10.899.000 ini dilengkapi, processor Intel Core i5-1135G7, graphics Intel Iris Xe Graphics, display FHD (1920 x 1080) berukuran 14 inch, tersedia dalam 5 pilihan warna, dan dilengkapi teknologi Dolby Audio. Tapi sayang, laptop harga 10 jutaan ini tidak dilengkapi sensor sidik jari, tidak ada port USB Type-C, baterainya hanya mampu bertahan selama 7,5 jam, Bluetooth masih versi 5.0, webcam hanya 0,3 MP, dan beratnya mencapai 1.6 kg.

realme-book-laptop-2021

realme Book yang resmi diluncurkan pada pertengahan Agustus ini dan sudah kami review beberapa waktu yang lalu, hasilnya pun cukup positif. Bahkan jika dibandingkan dengan 3 pilihan laptop sebelumnya, realme Book rasa-rasanya tidak akan kesulitan untuk keluar sebagai pemenang dalam hal fitur maupun spesifikasi.

Buat kamu yang penasaran dan ingin tahu bagaimana performa, desain, dan keunikan laptop ini dibandingkan dengan laptop-laptop lain yang telah kami ulas di atas, kamu bisa membaca reviewnya disini

Walaupun layar laptop ini tidak mengusung rasio 16:9 seperti kebanyakan laptop modern, namun realme Book memiliki resolusi layar 2K (Full Vision Display) yang dilindungi Corning Gorilla Glass serta Oleophobic Coating dan mengantongi sertifikasi TÜV Rheinland.

Dibalik casing laptop ini, tertanam processor Intel Core i5 1135G7 gen 11 serta pengolah grafis Intel Iris Xe Graphics yang secara performa sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan Nvidia MX350. Bagian memori laptop ini mengusung dual channel RAM 8 GB LPDDR4x 4266MHz. Begitu pula dengan ruang penyimpanannya yang sudah menggunakan PCIe SSD berkapasitas 512GB.

realme Book juga tersedia dalam varian core i3 1115G4 (gen 11) dengan UHD Graphic (48EU) 1.25GHz, beratnya hanya 1,38kg saja. Dan, meskipun tipis, varian core i3 juga tetap menyediakan port audio jack 3.5mm.

Dibandingkan dengan keyboard pada laptop-laptop yang telah kami ulas sebelumnya, keyboard pada laptop realme Book ini justru menawarkan fitur yang lebih unggul. Keyboard pada laptop ini memiliki jarak yang sangat sempurna dan feels-nya sangat lembut ketika ditekan. Sehingga, terasa begitu nyaman ketika digunakan untuk mengetik.

Keyboard laptop ini juga dilengkapi dengan 3 level backlit yang dapat diatur dengan menekan tombol F7. Begitu juga dengan trackpad-nya yang cukup lebar. Selain menawarkan ruang sentuh yang luas, trackpad ini juga terasa sangat sensitif dan menawarkan fungsi yang lengkap, termasuk diantaranya, sudah supports Microsoft PTP Clickpad Technology.

Baterai laptop realme Book berkapasitas 54Wh. Saat diuji untuk menonton video dengan resolusi full HD dari memori internal dengan settingan kecerahan 150-nits dan volume 50%, baterai ini mampu bertahan hingga 11 jam.

Meski memiliki baterai berukuran sangat besar, untungnya proses pengisian baterai justru sangat cepat. Mengisi baterai dari 0% hingga 50% bisa dilakukan hanya dalam waktu sekitar 30 menit saja. Hal ini bisa tercapai berkat dukungan fast battery charging 65 watt yang disertakan.

Meski laptop ini cukup tipis, namun untungnya, tidak ada port yang dikorbankan. Sehingga, berbagai port yang kerap kita butuhkan tetap tersedia. Mulai dari, port USB-C 3.2 Gen 2, USB-A 3.1 Gen 1, HDMI, hingga 3.5mm headphone jack.

Untuk terkoneksi ke internet, realme Book telah dilengkapi dengan WiFi 6.0 yang pasti menawarkan tingkat kecepatan akses internet yang lebih baik pada frekuensi 2.4 GHz ataupun 5 GHz.

Kesimpulan
Setelah melihat ulasan singkat di atas, tidak sulit bagi kami untuk mengatakan bahwa, realme Book adalah pilihan terbaik untuk laptop di rentang harga 10 jutaan. Karena, laptop ini menawarkan spesifikasi, fitur, dan nilai ergonomis yang jauh lebih baik dibandingkan dengan laptop Asus, Acer, ataupun Lenovo yang telah kami sebutkan diatas. Sehingga, tanpa ragu kami menobatkan realme Book menjadi laptop 10 jutaan terbaik dan juga sebagai “PCTren Editorial Choice untuk kategori Most Worth It Laptop.”

Sahrul
Biasa dikenal dengan nama "Yungky", mungkin karena wajahnya mirip dengan salah satu DJ ternama di Indonesia yang dipanggil "Wingky" (ngarep). Tiada hari tanpa main game, makanya lebih sering menggunakan PC dibanding Mac