Tips Dalam Membeli Smartphone Baru, Baik Secara Online atau di Toko

sumber : freepik

Saat ini, Smartphone menjadi kebutuhan setiap orang yang tidak mungkin terpisahkan. Hampir setiap aktivitas manusia berhubungan dengan smartphone seperti belajar online, bekerja, memesan makanan, belanja, layanan transportasi online dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, memiliki smartphone untuk menunjang aktivitas seakan menjadi hal yang wajib dizaman yang serba modern ini.

Bagi sebagian orang yang menggandrungi dunia teknologi, mencari dan membeli smartphone yang sesuai dengan kebutuhannya merupakan hal yang mudah. Namun bagi mereka yang tidak terlalu menggandrungi teknologi, membeli smartphone yang cocok merupakan aktivitas yang dilematis. Jika sampai salah dalam membeli smartphone, pasti akan menyesal dan kecewa.

Saat ini, di pasaran penuh dengan berbagai macam smartphone yang beredar dan tak jarang membuat calon konsumen menjadi bingung ketika hendak membelinya. Lantas,bagaimana cara mencari smartphone yang sesuai dengan kebutuhan kita?

Tim PCTren telah merangkup tips buat kalian dalam mencari smartphone yang sesuai dengan kebutuhan.

1. Menentukan Budget

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah menentukan dana atau budget yang dimiliki. Budget tersebut nantinya akan menentukan segmentasi dan spesifikasi dari smartphone. Pada umunya, semakin tinggi harga smartphone, maka semakin tinggi pula spesifikasi yang diusungnya.

Saat ini terdapat beberapa segmentasi smartphone yang ditawarkan berdasarkan range harganya, yakni entry-level (Kisaran 1 Juta – 2 Juta Rupiah), middle-level (Kisaran 3 Juta – 7 Juta Rupiah), flagship (Kisaran 7 Juta Keatas).

2. Layar

Ukuran layar merupakan salah satu hal yang perlu dipertimbangkan. Sebagian orang mungkin suka menonton video atau film dan bermain game, sehingga ukuran layar yang luas menjadi suatu kewajiban dalam mencari smartphone baru.

Layar dengan luas 5,7 inch sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan untuk menonton video dan bermain game.

3. Prosesor

Prosesor merupakan otak dari smartphone, dimana semua fungsi kendali komponen smartphone diatur oleh prosesor.

Selain itu kecepatan prosesor akan mempengaruhi kinerja dan kecepatan smartphone. Semakin tinggi kecepatannya dan semakin banyak inti yang dimiliki maka semakin baik pula performanya.

Paling tidak, untuk saat ini carilah prosesor yang kecepatannya lebih dari 1 GHz.

4. RAM

RAM (Random Access Memory) merupakan komponen didalam smartphone yang mendukung kinerja prosesor dalam menjalankan aplikasi.

Setiap aplikasi yang dijalankan, akan secara otomatis menyimpan cache didalam RAM. Semakin besar ukuran RAM, maka kinerja smartphone akan semakin optimal.

5. Penyimpanan

Saat ini, smartphone telah dibekali dengan beragam pilihan ruang penyimpanan. Ada yang 16 GB, 32 GB, 64 GB, 128 GB dan ada pula yang sampai  512 GB bahkan lebih.

Perhatikan pula slot memori tambahan, apakah tersedia atau tidak. Dikarenakan beberapa vendor memilih untuk tidak memakai slot memori tambahan pada produk smartphone mereka.

Jika anda memilih smartphone yang tidak memiliki slot memori tambahan, paling tidak pilihlah smartphone yang sudah berkapasitas minimal 64 GB.

6. Kapasitas Baterai

Kapasitas Baterai merupakan salah satu faktor yang tak kalah penting dalam memilih smartphone. Jika Prosesor adalah otak dari smartphone, maka baterai adalah jantung dari smartphone yang mensuplai energi listrik keseluruh komponen smartphone agar bisa bekerja.

Smartphone dengan kapasitas baterai lebih dari 3000 mAh sudah menjadi hal yang standar untuk digunakan sehari-hari saat ini. Namun jika kalian suka bermain game di smartphone, pilihlah smartphone yang memiliki kapasitas baterai minimal 4000 mAh.

7. Kamera

Saat ini banyak vendor smartphone yang menawarkan berbagai fitur dan lensa dengan resolusi yang menggoda calon pembelinya.

Meskipun dapat dikatakan bahwasanya semakin besar resolusi kamera maka semakin tajam hasil jepretannya, namun angka resolusi yang besar belum tentu memberikan informasi lengkap dan penting mengenai kemampuan kamera. Oleh karena itu, ada baiknya kalian membaca artikel mengenai review suatu smartphone yang ingin kalian beli.

8. Design

Setiap orang pasti memiliki selera yang berbeda-beda. Oleh karena itu pilihlah desain dan bahan body smartphone yang kalian anggap cocok. Hal ini akan membuat kalian tidak cepat bosan dalam memakai smartphone. Saat ini terdapat berbagai bahan yang digunakan untuk membuat smartphone, mulai dari yang biasa sampai yang premium.

Mungkin itulah beberapa tips yang bisa kalian gunakan untuk membeli smartphone baru. Namun alangkah baiknya kalian memperbanyak referensi sebelum memutuskan untuk membeli smartphone.