Intip Fitur Kamera Realme 8 Pro, Berikan Resolusi 108MP

Bicara soal Realme 8 Pro, Hp ini cocok untuk anak muda yang gemar menangkap momen dengan kameranya. Hadir dengan fitur kamera beresolusi 108 megapiksel (MP) dengan sensor Samsung ISOCELL HM2 dan konfigurasi kamera empat dibagian belakang serta selfie camera dibagian depan, membuat hp ini terlihat trendi.

Realme 8 Pro dibekali dengan kamera utama 108MP, f/1.9, 26mm (wide), 1/1.52″, 0.7µm, PDAF; kamera ultrawide 8 MP, f/2.3, 119˚, 16mm , 1/4.0″, 1.12µm; kamera makro 2 MP, f/2.4; dan kamera black & white potrait lens 2 MP, dan kamera depan 16 MP, f/2.5, (wide), 1/3.0″, 1.0µm. Dari keempat kamera dibagian belakangnya juga dilengkapi dengan bingkai persegi yang terletak pada pojok kiri atas.

Untuk menambah kesan pengguna, Realme 8 Pro ini juga memiliki detail kamera yang perlu dicoba. Yuk, kita intip bagaimana spesifikasi fitur kamera pada Realme 8 Pro ini.

Fitur Kamera Realme 8 Pro

Kamera utama

Kamera pada hp ini di desain dengan beberapa mode, pada mode normal Realme 8 Pro membidik gambar dengan kamera utamanya 12MP. Hasil bidikannya terlihat jelas dan tidak pecah, bahkan dalam kondisi gelap pun gambarnya masih terlihat tajam. Hanya saja dari segi warna masih diperkuat secara artifisial walaupun fitur AI sudah di non aktifkan.

Mode kamera dengan resolusi 108MP ini merupakan mode khusus yang ketika akan digunakan pengguna perlu mengaturnya terlebih dahulu. Ukuran file dari kamera 108MP ini juga lebih besar dari kamera 12MP, yaitu kisaran 20-30 MB. Namun jangan salah, hasil bidikannya pun juga sangat berbeda, gambar dengan jepretan kamera 108MP ini akan terlihat detail dan nyata.

Hasil kamera Realme 8 Pro menggunakan kamera 108 megapiksel (Sumber gambar: situs Teknonia)

Kamera pendukung dan kamera selfie

Selain kamera utama tadi, Realme 8 Pro juga dilengkapi dengan tiga kamera pendukung lainnya dibagian belakang dan satu kamera selfie. Menurut laman techradar.com, kamera ultrawide Realme 8 Pro ini terbilang cukup baik. Pasalnya warna yang dihasilkan lebih beragam namun sedikit lebih gelap. Pada bagian lainnya terdapat kamera makro dengan hasil gambar yang tidak jauh berbeda dengan ultrawide.

Sementara kamera selfie pada Realme 8 Pro ini terbilang bagus karena menghasilkan gambar yang jernih, penuh cahaya, warnanya juga terlihat nyata. Selain itu, ada mode pengaturan jika ingin menambahkan keburaman latar belakang atau menyesuaikan setelan gambar.

Hasil kamera selfie di Realme 8 Pro (Sumber gambar: situs PintarDikit.com)

Fitur menarik

Beberapa fitur menarik pada Realme 8 Pro ini adalah Super Nightscape Mode, Tilt-shift mode, hingga Dynamic Bokeh. Dari laman resmi Realme Indonesia, fitur pure raw nightscape pada hp ini menggunakan pengurangan noise, pengenalan AI, dan penghapusan piksel yang tidak jelas agar menghasilkan gambar yang jelas.

Kemudian, fitur Tilt-Shift digunakan untuk memanipulasi gambar dunia nyata menjadi mirip dengan diorama mainan karena menampilkan gambar dengan efek blur yang mengelilingi bagian tengahnya.

Selanjutnya yang lebih menarik adalah dynamic bokeh yaitu fitur kamera yang akan fokus menyorot objek atau subjek sedangkan latar belakangnya menjadi blur dan terlihat bergerak.

Untuk menjadi tambahan referensi pembaca, berikut rincian spesifikasi Realme 8 Pro yang dihimpun dari GSMArena :

Rincian spesifikasi Realme 8 Pro

  • Dimensi: 160.6 x 73.9 x 8.1 mm
  • Berat: 176 gram
  • Material: Kaca di bagian depan, bodi belakang plastik, frame plastik
  • SIM: Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
  • Layar: Super AMOLED, diagonal 6,4 inci, resolusi 1.080 x 2.400 piksel, 83,3 persen rasio layar ke bodi, kerapatan piksel 441 ppi, tingkat kecerahan layar maksimal mencapai 1.000 nits
  • Sistem operasi: Android 11 dibalut Realme UI 2.0
  • Chipset: Snapdragon 720 G
  • RAM dan memori internal: RAM 8 GB dan memori internal 128 GB
  • Kamera belakang: 108 MP, f/1.9, 26mm (wide), 1/1.52″, 0.7µm, PDAF; 8 MP, f/2.3, 119˚, 16mm (ultrawide), 1/4.0″, 1.12µm; 2 MP, f/2.4, (macro); kamera black & white potrait lens 2 MP
  • Kamera depan: 16 MP, f/2.5, (wide), 1/3.0″, 1.0µm
  • NFC: Ada
  • USB: USB Type-C 2.0, USB On-The-Go
  • Sensor: Pemindai sidik jari(di bawah permukaan layar, optical), accelerometer, gyro, proximity, compass
  • Baterai: 4.500 mAh, pensian daya cepat 50 Watt
  • Warna: Infinite black dan infinite blue

Begitulah hasil penjelasan pctren.com mengenai fitur kamera pada Realme 8 Pro. Penjelasan kami mungkin akan sedikit berbeda dengan hasil analisa yang anda lakukan.