Realme C20, Ini Kelebihan dan Kekurangannya, Cocok Buat Belajar Online?

Siapa yang tidak tahu Realme, brand Smartphone satu ini memang selalu memberikan gebrakan agar menarik pembelinya. Salah satu HP yang dikeluarkan seperti Realme C20 menjadi salah satu yang banyak ditanyakan, apakah HP ini bisa mendukung dalam pembelajaran online dengan maksimal atau tidak.

Bagi kamu yang ingin membeli HP ini wajib tahu bagaimana kelebihan dan kekurangan spesifikasinya. Realme C20 yang rilis di Indonesia pada April 2021 lalu ini dibandrol dengan harga murah, yaitu Rp 1,3 jutaan saja dan termasuk kedalam kelas entry-level.

Banyak reviewer yang mengatakan bahwa HP ini cocok untuk belajar online, jadi ponsel untuk admin online shop, dan kebutuhan lainnya yang penggunaannya tidak terlalu berat. Benarkah demikia? Berikut kami beri ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan dari Realme C20 ini.

Kelebihan Realme C20

Chipset yang mumpuni di kelasnya

Realme C20 dibekali dengan Chipset MediaTek Helio G35 yang merupakan chipset gaming untuk Smartphone sekelas entry-level. Chipset yang ditenagai CPU ARM Cortex-A53. Clock frekuensinya mencapai 2,3 Ghz. Sedangkan pengolahan grafiknya menggunakan GPU IMG PowerVR GE8320 dengan clock hingga 680 Mhz.

Untuk harga low end ini, chipset yang di pasang sudah cukup bagus. Ponsel ini masih bisa digunakan untuk bermain game-game yang ringan sampai menengah, seperti Mobile Legends yang dapat dimainkan dengan pengaturan grafik high dan mode high frame rate (HFR) aktif. Sedangkan PUBG Mobile dapat dimainkan dengan pengaturan grafik smooth dan framerate medium.

Layar Luas

Layar pada Realme C20 berdiagonal 6,5 inci. Diagonal layar ini sudah cukup luas dan nyaman dipakai untuk menonton video, bermain game, bahkan belajar online.

Layar dari Realme C20 berpanel IPS LCD, dengan resolusi 1.600 x 720 pixel, kerapatan piksel 270 ppi, dan rasio layar ke bodinya 80,8 persen.

Kapasitas Baterai

Kapasitas dari Realme C20 ini adalah 5.000 mAh, sudah cukup besar dan sanggup digunakan dalam waktu yang lama. Realme mengklaim bahwa ponsel ini dapat bertahan standby sampai 43 hari.

Selain itu, HP ini juga memiliki fitur Super Power Saving Mode, yang artinya walaupun daya baterainya sudah 5 persen, ponsel ini masih memungkinkan untuk menjalankan YouTube selama 1,29 jam, WhatsApp 1,46 jam, dan Instagram 1,57 jam.

Slot Lengkap

Ponsel ini dilengkapi denga dua kartu slot berukuran nano dan satu kartu micro SD untuk memori eksternalnya.

Fitur ini sangat cocok bagi anda yang bekerja sebagain admin online shop karena kedua kartu SIM yang dipasang dapat digunakan bersamaan.

Ada port 3.5mm jack

Seperti pada ponsel kelas entry-level pada umumnya, ponsel ini mempunyai 3.5mm jack. Artinya, ponsel ini dapat dihubungkan dengan earphone atau headphone.

Bahkan, beberapa ponsel mahal kini mulai menghilangkan port 3.5mm jack sehingga tak bisa menghubungkan dengan earphone maupun headphone berkabel.

Kamera mumpuni di kelasnya

Menurut bebrapa review, meskipun Realme C20 hanya dibekali dengan satu kamera belakang beresolusi 8 MP dan satu kamera selfie 5 MP, ternyata HP ini menghasilkan jepretan lumayan bagus. Hasil dari fotonya pun terlihat jelas dan tidak terlihat seperti HP murah.

Kekurangan

Masih menggunakan microUSB

Yang menjadi kekurangan utama HP ini ialah masih menggunakan microUSB. Padahal di tahun 2021 kebanyakan HP sudah menggunakan port USB Type-C yang memiliki keunggulan yaitu kecepatan transfer lebih cepat setara dengan USB 3.1 dan memiliki bentuk yang reversible, ringkas, dan lebih tipis.

Tidak ada fitur pengisian daya cepat

Daya untuk pengisian baterai dari Realme C20 hanya 10 watt dan tidak dilengkap dengan fitur pengisian daya cepat walaupun kapasitas baterainya besar. Sehingga harus menunggu lumayan lama saat pengisian daya hingga penuh.

Memori internal terbatas

Saat pertama kali dirilis, HP ini hanya tersedia dalam satu varian saja, yaitu varian RAM 2 GB dan memori internal 32 GB, merupakan kapasitas memori yang terbatas. Sehingga tidak dapat memasang banyak aplikasi ataupun game berukuran besar.

Demikian pembahasan mengenai Realme C20 yang memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Untuk mengtahui lebih lengkap mengenai spesifikasinya, berikut kami berikan rinciannya.

Spesifikasi Realme C20

  • Dimensi: 165.2 x 76.4 x 8.9 mm
  • Berat: 190 g
  • SIM: Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
  • Layar: Panel IPS LCD, diagonal 6,5 inci, resolusi 1.600 x 720 piksel, kerapatan piksel 270 ppi, rasio layar ke bodi 80,8 persen
  • Sistem operasi: Android 10 dibalut antarmuka Realme UI
  • Chipset: MediaTek Helio G35
  • RAM dan memori internal: 2/32 GB
  • Kamera belakang: 8 MP, f/2.0, (wide), 1/4.0″, 1.12µm, AF
  • Kamera depan: 5 MP, f/2.2, (wide), 1/5.0″, 1.12µm
  • Kualitas perekaman video: [email protected]
  • 3.5mm jack: Ada
  • USB: microUSB 2.0, USB On-The-Go
  • Sensor: Accelerometer, proximity, compass
  • Baterai: 5.000 mAh
  • Warna: Cool Gray, Cool Blue