Harus Tahu, Ini Dia Tips Pintar Membeli Smartphone

Tak akan ada habisnya kalau membahas Smartphone. Pasalnya, alat canggih ini akan selalu gencar di keluarkan dengan berbagai fitur baru maupun desainnya, terutama di Indonesia.

Brand seperti Iphone, Realme, Vivo, Redmi, dan beberapa merk HP lain seperti tak henti-hentinya bersaing mengeluarkan Smartphone terbaiknya agar menarik pelanggan untuk membeli hp-hp ini.

Buat yang hobi ganti-ganti HP, pasti akan tergoda dengan smartphone baru itu. Apalagi smartphone yang dikeluarkan sekarang di desain lebih simpel namun tetap elegan.

Sebelum membeli HP, sebaiknya perhatikan dulu beberapa tips penting agar tidak salah pilih nantinya. Ini dia beberapa tips cerdas membeli smartphone baru versi pctren.com

Pahami Keunggulan Tiap Smartphone

Setiap HP pasti dirancang dengan diberi beberapa fitur yang menjadi unggulan dari HP tersebut, mulai dari kamera, baterai, chipset, hingga desainnya.

Dari masing-masing keunggulan dari HP tersebut, pastikan kalian juga tahu mana yang sesuai dengan kebutuhan. Misal sedang mencari HP gaming, maka kalian harus mencari smartphone support gaming yang menonjolkan chipset, kartu grafis, RAM, maupun baterai.

Selain mengetahui keunggulan HP, membaca review-review yang ada di situs-situs juga sangat penting. Ini gunanya untuk mengetahui lebih jelas apakah keunggulan pada HP tersebut benar adanya ataukah sekedar iklan promosi.

Jadi, buat kamu yang akan membeli smartphone baru pastikan ketahui dulu apa keunggulan dari HP tersebut.

Sebaiknya Beli HP Kelas Mid End

Semakin kesini harga HP yang ditawarkan semakin murah atau low end.  Dengan hanya mengekuarkan uang 1-2 jutaan saja sudah bisa mendapatkan smartphone bagus.

Saran saya, jika uangnya mencukupi jangan membeli HP yang kelas low end, karena spesifikasi dari HP tersebut cukup nanggung.

Untuk brand-brand yang memang sudah teruji kualitasnya saja, ketika meluncurkan HP di harga 1-2 jutaan spesifikasinya masih terbatas. Misal RAMnya hanya 2 GB saja atau chipsetnya masih standar.

Jadi, saran saya siapkan budget 2-3 jutaan jika ingin beli smartphone dikelas mid end yang bisa dibilang spesifikasi Hpnya sudah bagus.

Saya ambil contoh Samsung Galaxy M30s dengan harga Rp. 3,3 jutaan. Smartphone mid end ini sudah dilengkapi dengan prosessor Octa-core (4×2.3 GHz Cortex-A73 & 4X1.7 GHz Cortex-A53), memori RAM 4/6 GB, memori internal 64/128 GB, kamera depan 16 MP, kamera belakang Triple 48+8+5 MP, dan baterai dengan kapasitas 6000 mAh.

HP mid end ini sudah terbilang bagus diharga 3 jutaan dengan spesifikasi yang tinggi dan lengkap.

Jangan Beli HP Yang Ada Notch-nya

HP keluaran tahun 2019 memang khas memiliki notch dibagian atas layarnya. Nama notch ini juga populer dengan sebutan “poni”. Notch ini biasanya terletak dibagian depan pada kamera, bentuknya ada yang memanjang dan bulat.

Kalau saran saya, pilihlah HP yang tidak ada notch atau poninya, karena jika ada notchnya akan mengurangi kelapangan layar HP. Tentunya akan sedikit mengganggu saat smartphone sedang digunakan untuk menonton video atau bermain game.

Ada beberapa smartphone tanpa notch yang mungkin bisa jadi rekomendasi kamu untuk membeli HP. Seperti Asus Zenfone 6, Oppo Find X, Vivo Nex S, Oppo Reno 10x Zoom, Vivo V15 Pro, Samsung Galaxy A80, hingga OnePlus 7 Pro.

Ini dia beberapa tips yang saya bagikan agar tidak bingung saat akan membeli HP bagus sesuai kebutuhan. Beberapa tips ini menurut saya sangat penting untuk diperhatikan sebelum menentukan pilihan HP mana yang akan dibeli. Namun, jika kalian punya tips lain, jangan lupa bagikan dikolom komentar ya.