Cara Update Android 11 dan Keunggulannya

Kali ini android mengembangkan system dan fitur dengan kcanggihan yang mutakhir. semua itu dikemas mnjadi satu dalam systm android 11 yang terupdate.

Android 11, sudah dirilis. Sistem operasi versi terbaru dari Android itu mulai tersedia di perangkat ponsel atau HP Google Pixel sejak 8 September 2020.

Secara bertahap, beberapa ponsel atau HP yang mendukung akan mulai kebagian pembaruan ke sistem operasi terbaru itu. Mulai dari Poco F2 Pro, Xiaomi Mi 10 series, Oppo Find X2 series, One Plus 8 series, dan beberapa HP lainnya akan mulai mendapatkan pembaruannya.

Tentu saja, Android terbaru ini membawa fitur-fitur anyar atau fitur-fitur lama yang diperbarui. Ada banyak fitur tersedia yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna.

Dalam tulisan ini, akan dibahas mengenai bagaimana cara update android 11, Fitur apa saja yang dimiliki android 11.

Cara update ke Android terbaru

Cara untuk memperbarui ke Android 11 terbilabg mudah. Pengguna bisa pergi ke Sistem> Lanjutan> Pembaruan sistem> Periksa pembaruan, atau dalam versi bahasa Inggrisnya adalah System > Advanced > System update > Check for update.

Fitur-fitur kunci di Android 11

Perekam layar

Fitur perekam layar kini sudah tersedia langsung di Android versi terbaru ini. Tanpa unduh aplikasi tambahan, pengguna dapat merekam video dari aktivitas layar di HP-nya, mirip dengan fitur tangkapan layar (screenshots). Bedanya, perekam layar ini hasilnya berupa video.

Selain merekam secara langsung suara dari ponselnya, perekam ini juga bisa merekam suara dari mic. Jadi, pengguna bisa menarasikan apa yang sedang dilakukannya di HP-nya.

Tentu saja fitur ini berguna bagi Anda yang ingin membuat video pendek, atau membuat video tutorial di HP untuk membantu pengguna lainnya.

Tab conversations

Saat kita menggulir layar ke bawah dari atas, bakal muncul jendela notifikasi. Namun, di Android terbaru ini, jendelanya akan terbagi menjadi dua bagian, yakni tab notifikasi dan tab “coversations”.

Dalam tab conversations tersebut, nantinya termuat notifikasi dari beragam aplikasi chatting seperti WhatsApp, Facebook Messenger, Twitter, dan lain sebagainya. Jadi, bisa dibilang, tab conversations hanya khusus memuat notifikasi dari aplikasi chatting.

Tak hanya itu, pengguna juga bisa mem-pin tab conversations ke “bubble”. Artinya, pengguna bisa melihat Facebook Messenger misalnya di floating icon, di atas aplikasi lain.

Smart home dan media controls

Inilah salah satu fitur yang diunggulkan. Android terbaru ini membawa perubahan agar pengguna bisa dengan mudah mengontrol perangkat pintar lainnya di dalam rumah.

Dengan menekan tombol power secara lama, akan muncul satu menu untuk mengakses semua perangkat pintar. Lewat menu tersebut, pengguna bisa mengontrol perangkat Internet of Things yang terkoneksi ke HP-nya.

Selain itu, kini ada juga media controls yang baru. Pengguna bisa lebih mudah untuk memutar musik dari perangkat lain yang terhubung ke ponsel pengguna, seperti speaker Bluetooth atau perangkat lain.

Yang paling menarik, ada juga Bedtime Mode yang dapat diatur untuk dijalankan pada malam hari. Saat fitur tersebut diaktifkan, maka bakal aktif mode Do Not Disturb (Jangan Ganggu) dan membuat layar ponsel menjadi hitam-putih untuk melindungi penglihatan pengguna.

Peningkatan aksesibilitas

Ada peningkatan dari fitur mengakses Android menggunakan suara. Selain itu, mode hands-free kini juga bisa berfungsi meski saat offline.

Sementara itu, keyboard virtual, kini pengguna juga bisa mengetik huruf braille tanpa aplikasi tambahan. Kemudian, aplikasi Lookout sekarang memungkinkan pengguna memindai dokumen dan label makanan, sehingga orang dengan penglihatan terbatas masih bisa ‘membaca’ dokumen dan melihat apa yang ada di makanan mereka.

Intinya, fitur-fitur tersebut membuat orang dengan disabilitas semakin mudah penggunakan perangkat Android.

Fitur memprediksi kebiasaan pengguna

Android terbaru ini ingin membuat pengguna mengurangi durasi apa yang dikerjakan di perangkat ponsel. Caranya, adalah dengan memprediksi habit dan pola penggunaan.

Contohnya, ada fitur smart folder yang memungkinkan sistem operasi Android secara otomatis mengkategorikan satu aplikasi dengan jenis aplikasi lainnya, misalnya game dengan game, dan aplikasi produktivitas dengan aplikasi produktivitas lainnya.

Contoh lainnya, jika pengguna mengakses aplikasi Fitbit setiap pagi saat bangun tidur untuk mengecek habit tidur, maka ke depannya ponsel akan secara otomatis membuat aplikasi itu muncul dalam layar pop-up setiap pagi agar semakin mudah diakses oleh pengguna.

Satu contoh lagi, ada juga fitur smart reply, di mana pengguna bisa membalas pesan secara otomatis (dengan teks template) hanya satu sentuhan saja, tanpa repot mengetik.

Privasi dan Keamanan

Dari segi privasi dan keamanan, Android 11 ini juga memiliki perubahan. Misalnya, sekarang pengguna dapat memberikan izin aplikasi ke (misalnya) kamera atau lokasi, secara satu kali, alih-alih opsi ‘sepanjang waktu’ dan ‘hanya saat menggunakan aplikasi’ yang ada.

Selain itu, ponsel akan secara otomatis mencabut izin untuk aplikasi jika sudah lama tidak digunakan, jadi aplikasi tidak akan melacak lokasi pengguna jika pengguna telah mengunduhnya, misalnya.

Itulah beberapa fitur kunci dari Android terbaru ini.