Realme 8 Pro Miliki Kamera 108 MP, Cek Kualitas Gambar

Kamera smartphone jaman sekaragn sudah lumayan memuaskan. Banyak smartphone dipasaran yang nawarin kamera dengan puluhan megapixel dan ketajaman warna yang lebih akurat serasa pakai kamera profesional yaa walaupun dari segi kualitas tetap beda jauh.

Kali ini Realme 8 Pro hadirkan smartphone dengan kecanggihan kamera 108 megapixel (MP) dengan sensor Samsung ISOCELL HM2. Konfigurasi kameranya ada empat di belakang dan satu kamera di depan.

Empat kamera belakang terdiri dari kamera utama 108 MP, f/1.9, 26mm (wide), 1/1.52″, 0.7µm, PDAF; kamera ultra wide 8 MP, f/2.3, 119˚, 16mm , 1/4.0″, 1.12µm; kamera makro 2 MP, f/2.4; dan kamera black & white potrait lens 2 MP. Lalu, di bagian depan ada kamera 16 MP, f/2.5, (wide), 1/3.0″, 1.0µm.

Layaknya smartphone pada umumnya, Realme 8 Pro meletakan kamera belakang berada pada sisi sebelah kiri dengan optik kamera 2×2 yang berukuran sama, dan terdapat garis berwarna silver tepat dibagian bawah kamera.

Pada sisi pojok kiri atas layar terdapat kamera depat yang ditempatkan pada punch-hole atau lubang kecil. Hal ini memberikan kesan pada Realme 8 Pro terlihat elegan dan jauh moderen.

Tangkapan Kamera Realme 8 Pro

Kamera Utama

Menurut laman xda-developers, kamera beresolusi 108 megapikselnya diperoleh dari teknologi 9 in 1 pixel binning. Jadi, dalam penjelasan sederhananya, kamera 108 megapiksel diperoleh dari penggabungan sembilan piksel jadi satu. Yang mana, kamera dasarnya adalah 12 megapiksel.

Dalam mode normal, Realme 8 Pro menjepret gambar menggunakan kamera utama 12 megapiksel. Masih dilansir dari sumber yang sama, hasil foto yang dijepret menggunakan kamera 12 terlihat detail. Bahkan dalam cahaya redup, gambar masih cukup tajam dan terdefinisi dengan baik.

Namun, satu hal yang perlu diperhatikan adalah warnanya yang tampak diperkuat secara artifisial. Padahal, fitur penyempurnaan AI sudah dimatikan.

Untuk menggunakan fitur kamera beresolusi 108 megapiksel di Realme 8 Pro, pengguna bisa mengaturnya ke mode khusus pada saat hendak mengambil foto.

Namun perlu dicatat, ukuran file dari kamera 108 megapiksel ini jadi lebih besar dibandingkan dengan 12 megapiksel. Jika hasil foto kamera 12 megapiksel ukurannya hanya berkisar di 5 MB saja, hasil foto 108 megapiksel ukuran file-nya bisa berkisar di 20-30 MB.

Saat disandingkan dengan hasil jepretan mode normal 12 megapiksel, foto dengan jepretan 108 megapiksel ini tampak lebih detail dan dengan kontras yang lebih besar.

Sementara itu, menurut laman financialexpress.com, Realme 8 Pro juga mampu memotret foto dengan fitur 3x lossless zoom. Fitur ini disebut bisa melakukan zoom dengan sangat baik, mengingat tidak ada kamera telefoto khusus di ponsel ini.

Dukunagan Kamera lain dan Kamera Selfi

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, selain kamera utama, Realme 8 Pro juga dibekali tiga kamera pendukung di bagian belakang dan satu kamera selfie.

Menurut laman techradar.com, kamera ultrawide di Realme 8 Pro sudah berkinerja cukup baik. Kendati demikian, profil warna yang dihasilkan memang berbeda dari pada kamera standar. Pada kamera ultrawide, warna yang dihasilkan lebih kaya dan sedikit lebih gelap.

Kemudian, kamera makro di Realme 8 Pro ini disebut noisy oleh techradar.com. Jadi, rasanya kamera makro ini akan jarang digunakan oleh pengguna.

Sementara itu, untuk kamera selfie, hasilnya disebut sangat baik, penuh cahaya, dan penuh warna. Mode potret di kamera selfie sangat akurat dalam hal menambahkan keburaman latar belakang (bokeh) dan menyesuaikan setelan gambar.

Fitur menarik

Ada beberapa fitur menarik yang disematkan di kamera Realme 8 Pro. Namun, tiga dari beberapa fitur yang menarik itu adalah Super Nightscape Mode, Tilt-shift Mode, hingga Dynamic Bokeh.

Fitur Nightscape Mode berguna saat pengguna hendak mengambil foto saat malam hari. Menurut laman resmi Realme Indonesia, algoritma Pure Raw Nightscape di ponselnya ini menggunakan pengurangan noise, ditambah pengenalan Ai, dan menghapus piksel yang tidak jelas untuk menghasilkan foto yang tetap hidup dan jelas.

Kemudian, fitur Tilt-Shift berguna bagi pengguna yang ingin memotret dunia nyata menjadi mirip sebuah miniatur atau diorama mainan. Pasalnya, fitur ini membuat foto menampilkan efek blur yang mengelilingi bagian tengah.

Fitur selanjutnya yang menarik adalah dynamic bokeh. Dengan fitur ini, kamera akan fokus menyorot subjek/objek, sementara itu latar belakangnya menjadi blur dan terkesan bergerak-gerak.

Nah, itulah dia hasil kamera Realme 8 Pro yang berhasil dirangkum pctren.com. Hasil yang kami paparkan bisa saja berbeda dari pengujian yang Anda lakukan. Jadi, pengujian lebih lanjut secara langsung tetap dibutuhkan untuk membuktikan kualitas kamera dari Realme 8 Pro ini.

Sebagai tambahan referensi, berikut ini adalah rincian spesifikasi Realme 8 Pro dihimpun dari GSMArena:

 

Spesifikasi Lengkap Realme 8 Pro

  • Dimensi: 160.6 x 73.9 x 8.1 mm
  • Berat: 176 gram
  • Material: Kaca di bagian depan, bodi belakang plastik, frame plastik
  • SIM: Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
  • Layar: Super AMOLED, diagonal 6,4 inci, resolusi 1.080 x 2.400 piksel, 83,3 persen rasio layar ke bodi, kerapatan piksel 441 ppi, tingkat kecerahan layar maksimal mencapai 1.000 nits
  • Sistem operasi: Android 11 dibalut Realme UI 2.0
  • Chipset: Snapdragon 720 G
  • RAM dan memori internal: RAM 8 GB dan memori internal 128 GB
  • Kamera belakang: 108 MP, f/1.9, 26mm (wide), 1/1.52″, 0.7µm, PDAF; 8 MP, f/2.3, 119˚, 16mm (ultrawide), 1/4.0″, 1.12µm; 2 MP, f/2.4, (macro); kamera black & white potrait lens 2 MP
  • Kamera depan: 16 MP, f/2.5, (wide), 1/3.0″, 1.0µm
  • NFC: Ada
  • USB: USB Type-C 2.0, USB On-The-Go
  • Sensor: Pemindai sidik jari(di bawah permukaan layar, optical), accelerometer, gyro, proximity, compass
  • Baterai: 4.500 mAh, pensian daya cepat 50 Watt
  • Warna: Infinite black dan infinite blue
Total
0
Shares
Previous Post

5 Rekomendasi Smartphone 1 Jutaan untuk Belajar Online

Next Post

Cek Performa Gaming Realme Narzo 30A, PUBG hingga COD

Related Posts