Kelebihan dan Kekurangan Realme C20, Smartphone untuk Belajar Online

Pada kesempatan kali ini, pctren.com akan mengulas mengenai kelebihan dan kekurangan Realme C20 yang dirilis di Indonesia pada akhir April 2021. Smartphone ini dibanderol murah, yaitu sekitar Rp 1,3 juta saja.

Banyak orang yang menganggap ponsel murah ini cocok untuk belajar online karena spesifikasinya yang mumpuni. Namun apakah benar demikian? Berikut ini ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan smartphone Realme seri C20 :

Kelebihan Realme C20

Layar 6.5” yang Luas

Realme C20 mengadopsi layar diagonal berukuran 6.5”. Dengan layar yang lebar akan membuat penggunanya lebih nyaman karena tidak akan sering scrolling untuk menampilkan konten, sehinga sangat cocok untuk digunakan belajar online, selain itu juga cocok digunakan untuk menonton video, film, dan game.

layar realme C20 mengusung teknologi IPS LCD, diagonal 6,5 inch, resolusi 1600×720 piksel dengan kerapatan piksel 270ppi, dan rasio layar-ke-tubuh 80,8%.

Chipset Mumpuni di Kelasnya

Realme C20 diotaki chipset MediaTek Helio G35. Chipset besutan MediaTek ini merupakan chipset gaming untuk ponsel entry-level. Chipset ini Chipset ini dikawinkan dengan RAM sebesar 2GB dan memiliki frekuensi clock mencapai 2.3 GHz. Untuk  prosesor grafisnya menggunakan GPU IMG PowerVR GE8320, dengan frekuensi utama hingga 680Mhz.

Dalam kelas ponsel di bawah Rp 1,5 juta, chipset yang digunakan bisa dibilang cukup lumayan.

Dalam pengetesannya, realme C20 masih bisa digunakan untuk memainkan game berukuran ringan hingga sedang, seperti Mobile Legends, yang dapat dimainkan dengan lancar di pengaturan grafis tinggi dan mode aktif frame rate (HFR) tinggi. Untuk game seperti PUBG Mobile tetap bisa dimainkan pada pengaturan grafis yang halus dan frame rate yang sedang.

Big Battery

Realme C20 dilengkapi dengan baterai berkapasitas besar 5000 mAh. Realme mengklaim bahwa Realme C20 dapat bertahan 43 hari dalam mode standby.

Dalam mode hemat daya, ketika daya baterai tinggal 5%, masih memungkinkan ponsel untuk menjalankan YouTube 1,29 jam, WhatsApp 1,46 jam, dan Instagram 1,57 jam.

Slot Lengkap

Realme C20 memiliki slot yang cukup lengkap. Ponsel ini dapat menampung dua kartu nano dan kartu microSD sebagai tambahan penyimpanan eksternal.

Memiliki port 3.5mm

Bisa dibilang, port jack 3.5 mm menjadi suatu kelebihan tersendiri terhadap ponsel yang memilikinya dikarenakan  saat ini beberapa ponsel mahal atau ponsel unggulan sudah mulai menghilangkan port jack 3.5mm. Bagi sebagian orang, ini merupakan kerugian karena tidak dapat menghubungkan headphone atau headphone berkabel.

Kelemahan

Masih menggunakan microUSB

Realme C20 masih menggunakan port microUSB. Untuk ponsel keluaran tahun 2021, tampaknya hal ini dirasa sebagai kekurangan dikarenakan ponsel terbaru saat ini sudah banyak yang dilengkapi dengan antarmuka USB TypeC.

USB TypeC dikenal memiliki beberapa keunggulan, antara lain kecepatan transfer yang lebih cepat, Selain itu, USB TypeC juga memiliki bentuk yang dapat dibolak-balik dan tentunya bentuk yang lebih ringkas dan ramping.

Belum didukung Fast Charging

Meskipun memiliki baterai besar, realme C20 belum mendukung fungsi fast charging. Sehingga pengguna harus lebih bersabar menunggu smartphonenya terisi penuh

Memori terbatas

Saat pertama kali dirilis, Realme C20 hanya memiliki satu varian, yakni varian RAM 2GB dan memori internal 32GB. Mungkin sebagian pengguna merasa hal ini kurang memuaskan dan penyimpanan terasa sangat terbatas.

Kesimpulan

Realme C20 hadir dengan membawa sejumlah keunggulan, seperti chipset yang tangguh, layar lebar, kapasitas baterai besar, slot penuh, dan port jack 3.5mm, Namun, disisi lain masih ada beberapa kekurangan dari Realme C20 diantaranya port yang masih menggunakan microUSB, tidak memiliki fungsi fast charging, dan memiliki kapasitas memori yang terbatas.

Spesifikasi Realme C20

  • Dimensi: 165,2 x 76,4 x 8,9 mm
  • Berat: 190 g
  • SIM: Dual SIM (NanoSIM, dual standby)
  • Layar: panel IPS LCD, diagonal 6,5 inci, resolusi kerapatan piksel 1.600 x 7270, 2, 80,8 % rasio layar-ke-tubuh
  • Sistem operasi: Android 10, antarmuka Realme UI
  • Chipset: MediaTek Helio G35
  • RAM dan memori: 2/32 GB
  • Kamera belakang: 8 MP, f / 2.0, (W) , 1/4,0 inci, 1,12µm, AF
  • Kamera depan: 5 MP, f / 2.2, (W), 1 / 5.0 inci, 1,12µm
  • Kualitas perekaman video: 1080p @ 30fps
  • Antarmuka 3,5mm: Ya
  • USB: microUSB 2.0, USB OnTheGo
  • Sensor: akselerometer, proximity, kompas
  • Baterai: 5.000 mAh
  • Warna: cool grey, cool blue
Total
0
Shares
Previous Post

Ini Spesifikasi dan Harga Realme Narzo 20 dan Narzo 20 Pro

Next Post

Antisipasi Permintaan Membludak dan Kecurangan Pembelian Bikin Penjualan Perdana Infinix Note10 Pro NFC Ditunda!

Related Posts