Home Berita China Sukses Produksi Komputer Terkencang di Dunia

China Sukses Produksi Komputer Terkencang di Dunia

SHARE

China benar-benar sukses dengan kemajuan yang signifikan di bidang teknologi komputer. Kali ini China sukses membuat komputer terkencang di dunia yang diberi nama Sunway TaihuLight. Terlebih lagi, ternyata Sunway TaihuLight menggunakan chip hasil buatan China sendiri. Ini mungkin terinspirasi dari embargo pemerintah AS untuk tidak mengekspor chip komputer super kencang ke negara China.

Keunggulan dan Spesifikasi Komputer Sunway TaihuLight

Komputer Sunway TaihuLight Dirakit Dari Chip Buatan ChinaKomputer TaihuLight sukses menggeser posisi Tianhe-2 sebagai komputer terkencang di dunia saat ini dengan kecepatannya yang mencapai tiga kali lebih tinggi. Komputer ini dapat mengolah data berkecepatan hingga 93 quadrillion perdetiknya, atau petaflop. Apabila dibanding dengan komputer terkencang di AS, komputer TaihuLight ini bahkan mampu lima kali lebih kencang daripada sistem komputer AS tersebut.

Komputer TaihuLight buatan China ini juga dilengkapi 41.000 chip prosesor, dengan masing-masing memiliki 260 core. Sehingga totalnya, terdapat 10,65 juta core pada otak komputer TaihuLight ini. Hal ini jelas jauh lebih unggul jika dibanding dengan komputer terkencang di AS sekalipun yang hanya memiliki 560 ribu core saja.

Selain itu, konsumsi daya dari komputer terkencang di dunia ini terbilang cukup hemat apabila dibandingkan dengan Tianhe-2. Komputer TaihuLight total hanya memerlukan 15,3 megawatt. Padahal Tianhe-2 memerlukan 17,8 megawatt untuk konsumsi dayanya. Sebagai tambahan, TaihuLight ini dibuat dengan menggunakan bahan semikonduktor hasil buatan China sendiri. Tentu saja ini adalah inovasi baru yang belum ada sebelumnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here