BeritaTeknologi

Ingin Kembali “Berdering”, Nokia Tempuh Jalan Berliku

Nokia, ponsel yang dulu pernah merajai pasar ponsel ternyata ingin kembali mengibarkan sayapnya. Namun demikian, Nokia harus menempuh jalan yang begitu berliku untuk bisa mewujudkan impian dan cita-citanya tersebut. Perlu anda ketahui bahwa Nokia telah diakuisisi oleh pihak Microsoft senilai 96,8 triliun rupiah. Dengan demikian, merk Nokia kini telah menjadi milik Microsoft. Akuisisi tersebut terjadi sejak tahun 2014 lalu.

Perusahaan Nokia kini telah kembali bangkit

Sebelum dibeli oleh Microsoft, ternyata Nokia telah mengalami kerugian dengan jumlah yang tidak sedikit. Kerugian tersebut kurang lebih senilai 452 juta dollar Amerika Serikat pada tahun 2014 dikuartal pertama. Dengan adanya kerugian tersebut, pihak Nokia mengalami penurunan pendapatan kurang lebih 2,6 miliar dollar Amerika Serikat.

Pada Mei pertengahan 2016, Microsoft membuat pengumuman yang cukup mengejutkan. Nokia yang sempat dibeli oleh Microsoft dijual kepada FIH Mobile. Tidak berselang lama, Nokia mengeluarkan pengumuman bahwa mereka telah melakukan lisensi atas properti intelektual dan brand “Nokia” untuk sebuah perusahaan baru yang bernama HMD Global. Perusahaan ini kemudian bekerjasama dengan perusahaan yang telah membeli Nokia dari Microsoft, FIH Mobile.

Dengan adanya kerjasama ini, akhirnya Nokia dapat kembali beredar dan mencoba peruntungannya di dunia bisnis smartphone. Nampaknya Nokia akan menggunakan sistem operasi Android. Dengan demikian, ponsel yang satu ini akan kembali berjuang untuk mendapatkan kesuksesannya terdahulu yang pernah mereka raih.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close