Review

Review Asus RoG G751 : Pilihan Terbaik Gamers!

PCtren – Seperti apa laptop yang Anda butuhkan? Mungkin untuk kebanyakan orang, sebuah laptop sudah mencukupi dengan fasilitas dan kemampuan yang menunjangnya untuk bekerja. Tak heran bila laptop untuk penggunaan harian banyak dipilih orang. Namun semua itu tidak cukup untuk gamer. Ya, bisa dibilang gamer merupakan kelas khusus yang terbilang “rewel” karena mensyaratkan sistem plus fitur yang tidak biasa dalam sebuah laptop demi kepuasan mereka memainkan game favorit atau juga untuk pekerjaan dengan komputasi ekstrim lainnya.

Untuk menjawab kebutuhan para gamer inilah ASUS menghadirkan jajaran notebook RoG (Republic of Gamers) yang kini cukup populer bagi masyarakat Indonesia. Di kuartal kedua 2015 ini ASUS kembali merilis varian RoG terbarunya, G751JY yang hadir dengan spesifikasi kelas atas guna menyajikan kecepatan tinggi yang dibutuhkan dalam arena game. Notebook ini tak hanya hadir dengan desain berkarakter ganas namun juga membawa berbagai fitur unggulan yang membuatnya layak disebut sebagai sebuah laptop super.

Desain Futuristik yang Garang

Asus ROG G751

Setiap notebook ASUS RoG mudah dikenali dari desainnya yang tampak tidak biasa dan revolusioner. Desain tubuh RoG G751JY terinspirasi dari pesawat tempur siluman F22 Raptor dengan garis tegas yang aerodinamis dan juga futuristis. Meski memberi kesan misterius, namun permainan kurva disetiap sudut laptop membaut G751JY tetap terlihat menawan dan tidak kaku.

Penampilan luar paling menarik muncul lewat cover layar berbahan karet wana hitam matte. Cover ini dipadukan dengan pelat alumunium halus yang ditengahnya tersemat logo ASUS metalik dan lambang RoG dengan backlight warna merah yang keren ketika laptop menyala.

Bagian pembuangan panas pun terlihat sangat menarik dengan bilah merah yang tampil lebih atraktif dibandingkan varian RoG yang pernah muncul.

Asus ROG  Features

Untuk kepuasan displai, ASUS G751JY mengusung layar IPS 17,3 inci resolusi 1920×1080 pixel (Full-HD). Layar anti pantul dengan sudut pandang yang luas ini (178 derajat) juga tampak lebih terang (304 nits) dibandingkan laptop gaming sekelas lainnya. Dengan dukungan teknologi ASUS Splendid juga membuat tampilan warna yang muncul bisa dikustomasi (normal, vivid, theater, dan manual) sesuai keinginan pengguna. Berkat ketersediaan port HDMI 1.4, mini DisplayPort, dan VGA yang dikombinasikan dengan teknologi Trinity Display, Anda akan dapat memperluas atau membagi tampilan menjadi total 4 buah layar untuk keperluan yang berbeda. Silahkan tampilan pekerjaan pengolah kata di monitor A, membuka lembar Excel di monitor B, dan menjalankan game di monitor C. Displai terpisah yang keren bukan?

Dapur Pacu Papan Atas

Sebagai notebook spesial untuk gaming, ASUS G751JY diperkuat oleh komponen high-end yang bahkan tak kalah dari PC gaming. Disini ditanamkan prosesor Intel Core i7-4720HQ (Haswell quad-core) yang dikombinasikan dengan RAM DDR3 8GB 1600MHz yang dapat diperluas hingga 32GB, dan storage 1TB ditambah SSD 8GB untuk boot yang cepat. Spesifikasi ini sudah sangat ideal untuk melakukan aktivitas komputasi berat seperti render video dan gaming 3D yang rumit.

Asus TurboMaster

Omong-omong soal game, ASUS memperkuat kemampuan G751JY dengan chip grafis (GPU) nVidia GeForce GTX 980M (arsitektur Maxwell). Inilah chip grafis kelas atas yang terdiri dari 5,2 milyar transistor untuk dapat melaju dengan clock 1GHz. Dengan demikan, ASUS G751JY memiliki kekuatan grafis premium untuk mampu menjalankan berbagai aplikasi dan game 3D yang mensyaratkan kinerja render yang berat.

Anda masih belum puas juga dengan semua kekuatan ini? Jangan cemas, satu lagi solusi ASUS hadir lewat teknologi TurboMaster! Dengan melibatkan tool eksklusif RoG GPU Tweak, fitur TurboMaster akan memompa kinerja grafis hingga 5% namun dengan tetap menjaga suhu agar tidak panas. Nah, untuk menjaga sistem overclock ini ntetap stabil dan tidak panas, ASUS menggunakan desain daya 3 fase yang terwujud dari jajaran MOSFET Bixhock Benchmark Asus ROG G751 Baterry Life Asus ROG G751 Review Graphic Asus ROG Review Asus ROG 3d mark Asus ROG G751dan kapasitor Tantalum berkualitas tinggi.

 

Prioritas Bagi Game

Asus ROG Game Pritority

Untuk memprioritaskan penggunaan bandwidth internet pada aktivitas gaming pun turut disertakan aplikasi GameFirst III. Aplikasi ini telah mengalami upgrade untuk mendukung lebih banyak fitur di berbagai game , antarmukanya pun kini lebih intuitif. GameFirst III akan membantu pengguna menentukan porsi jalur internet agar aktivitas game online yang membutuhkan lalulintas data besar berjalan lebih lancar. Inilah salah satu keunikan notebook RoG dibandingkan notebook konvensional lainnya.

Gelegar Suara yang Realistik

Asus Sonic Master Premium RoG

Faktor audio menjadi salah satu kekuatan penting di semu ajajaran RoG mengingat audio akan berperan dalam aktivitas multimedia. Pada ASUS RoG G751Jy ditempatkan sistem audio stereo yang dilengkapi subwoofer berdaya 3 watt untuk memperkuat suara bass dari notebook. Modul subwoofer internal yang disebut Bass Eye ini menciptakan kekuatan bass yang seimbang dari tubuh notebook itu sendiri yang sekaligus memperdalam detil pada frekuensi rendah.

Dengan dukungan teknologi pengolah audio SonicMaster yang dikombinasikan dengan tool MaxxAudio dan Audio Wizard memungkinkan pengguna mengkonfigurasikan beberapa setting audio sesuai jenis game yang dimainkan . Apapun mode yang dipilih, kolaborasi sistem audio ini mampu menghasilkan tata suara terbaik yang akan memberikan pengalaman menarik dari sebuah notebook.

Percakapan Lebih Jelas dengan Array Microphone

Dual Array Microphone

Saat bermain gaming online atau saling terhubung dalam jaringan, seringkali gamer melakukan percakapan suara melalui headset yang dikenakan. ASUS mendesain RoG G751JY dengan array microphone. Sistem dual microphone yang diletakkan dekat webcam ini mampu melakukan filter pada suara berisik dari lingkungan sekitar yang seringkali mengganggu percakapan. Dengan fitur ini suara pengguna akan tetap terdengar jelas meski berada dalam situasi ruang yang berisik.

Tetap Sejuk Setiap Saat

Dual Fan Asus RoG

Mungkin Anda akan berpikir bahwa dengan spesifikasi yang tinggi maka sebuah notebook juga cenderung lebih panas sehingga terasa kurang nyaman dipakai. Hal ini pun makin parah apabila dilakukan proses overclock yang pada intinya memaksa kinerja mesin lebih tinggi yang berimbas pada panas berlebih yang dihasilkan. Menyadari efek negatif dari panas yang muncul ini, tim ASUS merancang sistem pendingin cerdas dengan menempatkan kipas dengan pelat tembaga ganda dengan fokus pendinginan pada CPU dan GPU. Pada GPU juga ditempatkan tiga pipa metal guna mempercepat penyaluran panas ke arah kipas untuk kemudian dibuang.

Demi kenyamanan pengguna, semua aliran udara panas dari dalam notebook dibuang kearah belakang melalui lubang ventilasi berdesain unik. Struktur pembuangan seperti ini jelas lebih nyaman karena panas diarahkan ke belakaang laptop menjauhi pengguna. Dalam beberapa perbandingan dengan komepetitor sekelas, terbukti ASUS RoG G751JY menghadirkan permukaan keyboard dan bagian bawah laptop yang lebih dingin. Tingkat kebisingan suara pun (noise) lebih rendah dengan hanya sekitar 22,9dBA saat idle dan hanya 34,5dBA saat full-load.

Konektivitas Lengkap & Cepat

ThunderBolt

ASUS G751JY dilengkapi dengan beragam konektivitas kabel dan nirkabel yang terbilang lengkap sehingga sangat siap terhubung dengan berbagai perangkat. Selain dukungan standar USB 3.0 yang 10x lebih cepat dibandingkan USB 2.0, notebook juga mengusung konektivitas
lainnya termasuk Thunderbolt yang biasanya diusung oleh produk Mac.

Teknologi Intel Thunderbolt yang tertanam di ASUS G751JY memungkinkan transfer data mencapai 10Gbps alias 2x lipat lebih laju dibandingkan USB 3.0. Koneksi secepat ini sangat ideal untuk melakukan transfer data yang besar termasuk juga proses transfer audio-video. Di sistem ini pun dimungkinkan hingga 6 peranti yang saling terkoneksi dalam satu jalur Thunderbolt sehingga tampak praktis.

Tak lupa untuk memberikan dukungan koneksi lebih lanjut ke prangkat lain juga telah disiapkan fungsi Bluetooth 4.0 yang menyajikan hubungan nirkabel antar perangkat dengan stabil dengan tingkat transfer data 24Mbps yang stabil hingga jarak sekitar 10 meter. Sedangkan untuk menyalurkan tayangan audio-video ke player dengan displai lebih luas juga tersedia jalur HDMI 1.4 dan DisplayPort.

Konektivitas nirkabel pun tak kalah canggih dengan teknologi WiFi Dual-Band Two-Stream 802.11ac yang 3x lebih cepat dalam transmisi data, jangkauan 2x lebih luas, serta 6x lebih irit daya dibandingkan produk yang menggunakan teknologi nirkabel 802.11n. Kelebihan ini membuat transmisi dapat saat berinternet atau terhubung ke gadget lainnya jadi lebih kencang.

Didesain Khusus Bagi Gamer

Keyboard Asus ROG G751Tidak seperti laptop konvensional, ASUS RoG G751JY didesain agar mempermudah gamer menavigasikan perangkat istimewa mereka dalam lingkungan khas game atau profesional. Pada laptop bagian keyboard dibuat khusus dengan struktur tuts/kunci dengan kedalaman hingga 2,5mm yang tetap hening saat diketuk, nyaman ditekan, memberikan respon cepat, dan juga tahan terhadap tekanan.

Bagian keyboard dibuat agar mendukung gamer bermain dengan nyaman dimana area palmrest terasa lembut namun tidak licin, area touchpad yang luas untuk akses yang mudah, hingga backlight penerang keyboard guna mempermudah dilihat dalam kondisi gelap. Faktor ergonomis dengan kemiringan yang tepat juga diperhatikan agar penggunaan keyboard membuat tangan tak cepat lelah.

Untuk mempermudah gamer mendapakan setting yang tepat setiap saat, ASUS mengatur konfigurasi keyboard dengan fungsi-fungsi tertentu yang memunculkan kondisi sebagai “Pusat Game” atau Gaming Center.

1.Masuk ke Gaming Center
Dengan cukup menekan tombol khusus berlogo RoG dibagian atas numeric pad maka layar akan menambilkan dashboard kendali sistem game yang menyajikan berbagai informasi sistem gaming Anda.

2.Menampilkan Sistem Informasi
Gamer dapat segera mengetahui status perangkat keras yang dipakai seperti kapasitas harddisk dan memori agar mereka dapat melakukan tindakan yang diperlukan.
Fasilitas ini membuat pengguna tak perlu membuka informasi sistem secara manual melalui bagian Computer Properties.

3.Info Waktu & Cuaca
Terlalu asyik bermain hingga tak tahu kondisi sekitar? Jangan takut, informasi tentang waktu dan cuaca sekitar juga turut ditampilkan disini. Dengan begini Anda akan selalu mengetahui saat untuk bermain, beristirahat, atau melakukan aktivitas lainnya.

4.Membuat Profil Tersendiri
Pada panel Gaming Center ini juga memungkinkan gamer menentukan konfigurasi khusus yang diinginkan termasuk setting overclock-nya. Tersedia 4 mode pengaturan game yang tersedia untuk dipilih sesuai kebutuhan.

5.Kunci Macro RoG
Melalui ASUS RoG Macro, pengguna bisa membuat konfigurasi tersendiri yang dapat diatur dengan tombol pintas khusus. Ini memungkinkan gamer melakukan perintah gerakan/aksi tertentu dalam game, menjalankan aplikasi, hingga membuka link khusus dengan cukup menekan tombol makro tersebut.

Perlu Anda tahu, dalam sebuah permainan seringkali gamer harus bereaksi cepat mengganti senjata, melakukan serangan kilat, atau berpindah ke browser atau link tertentu dengan segera untuk meraih kemenangan. Disinilah kunci Macro sangat berperan untuk bereaksi cepat.

6.Kunci Steam & Rekam
Melalui tombol Steam yang terletak di pojok kiri-atas keyboard memudahkan pengguna menampilkan permainan pada layar yang lebih besar jika laptop dikoneksikan ke layar TV yang besar. Tombol Record didekat tombol Steam juga memungkinkan pengguna langsung merekam aktivitas gaming yang tengah mereka lakukan untuk keperluan dokumentasi.

GeForce Experience

Asus ROG Graphic

Dalam bermain game tentunya kita smeua ingin mendapatkan pengalaman terbaik yang bisa disajikan oleh komputer yang kita pakai. Sayangnya, seringkali diperlukan pengaturan khusus yang kadangkala memerlukan banyak langkah dan justru memusingkan bagi pengguna pemula. Disinilah nVidia menghadirkan solusi “GeForce Experience” yang akan menghadirkan kemudahan setting agar memainkan game jadi lebih berkesan. ASUS RoG G751JY yang mengusung chip grafis GeForce GTX 980M pun mengusung fitur GeForce Experience ini.

BAttery Boost

Aplikasi GeForce Experience akan membantu pengguna mendapatkan driver GeForce terbaru agar bisa memaksimalkan kemampuan grafis ketika bermain game, kinipun sSudah banyak game-game yang didukung GeForce Experience. Disini Anda akan menemukan perbedaan ketika mengaktifkan GeForce Experience atau tidak seperti penampakan bayangan yang jelas, gambar lebih detil, hingga pencahayaan yang realistik. Semua ini akan membantu Anda mendapatkan visualisasi yang terang dan tajam seperti kondisi sebenarnya.

Jika fitur ini dimaksimalkan akan boros baterai?Kadang Anda bermain game tanpa menhubungkan adaptor ke notebook bukan? Tak usah cemas, GeForce Experience juga mengusung fitur BatteryBoost yang memungkinkan bermain game dengan maksimal namun tetap menjaga baterai lebih awet. Bagaimana caranya? Bermain game dengan mengandalkan baterai akan membuat laptop cepat kehabisan daya bukan? Begini caranya, fitur ini bekerja dengan mengatur clock GPU dan RAM agar tak melebihi kecepatan frame game (FPS) yang sudah ditentukan sebelumnya. Dengan begini GPU tidak harus selalu bekerja maksimal yang pada akhirnya juga menghemat baterai.

Aksesoris Penunjang
Sebagai produk spesial untuk gaming, jajaran ASUS RoG dilengkapi oleh berbagai aksesoris gaming khas RoG seperti mouse, headset, backpack, hingga peranti sensor Leap Motion.

Berbekal segenap kekuatan dan berbagai keunggulan inilah ASUS RoG G751JY merupakan notebook spesial yang sangat cocok untuk melakukan aktivitas gaming dan multimedia. Seri G7 memang ditargetkan bagi pengguna profesional yang sudah lebih paham pada komputer dan teknologinya. Begitu Anda memilikinya, Anda akan mendapatkan kekuatan PC high-end dalam sebuah notebook. Begitulah ASUS RoG didefinisikan.

Pengujian Ekstrim Demi Kualitas Terbaik
Untuk mendapatkan notebook berdaya tahan tinggi, semua notebook ASUS telah melalui proses pengujian yang memastikan setiap model tahan banting dan dapat diandalkan. Dalam prosesnya, semua notebook ASUS diuji dengan cara yang tidak biasa agar ketika sampai di tangan konsumen memang benar-benar memiliki adaptasi fisik yang kuat.

Tes Keyboard
Setiap tuts di keyboard diketuk berkali-kali oleh jemari robot untuk emmastikan keyboard nyaman dipakai dan tetap handal setelah tekanan yang keras sekalipun. Tes seperti ini umumnya diperlukan mengingat tiap tus di keyboard rentan lepas atau rusak setelah dipakai mengetik terus-menerus dalam waktu yang lama.

Tes Abrasif
Bodi bagian luar dari laptop diuji pada permukaan kasar untuk mengetahui daya tahan permukaan dan warna. Biasanya bagian terluar laptop memang mudah mengalami “aus” yang seringkali membuat penampilan berubah.

Tes Kebisingan
Untuk hadir sebagai notebook yang nyaman dipakai, tiap laptop menjalani tes kebisingan suara yang biasanya diakibatkan putaran kipas dan noise dari dalam laptop. Tes juga mencakup pengurangan level bising, tes kipas yang tak berisik, hingga cek segel disetiap komponen.

Tes Tekanan
Bagian layar yang tergolong paling rapuh dicoba dengan tekanan tertentu untuk memastikan cover pelindungnya cukup kuat menahan beban.

Tes Engsel
Faktor engsel yang seringkali bermasalah diuji dengan melakukan buka-tutup cover sedikitnya 20.000 kali untuk mengukur kekuatannya.

Tes Getaran
Tes ini dijalankan dengan menempatkan notebook pada beberapa kondisi/frekuensi getaran guna memastikan konstruksi luar dan bagian dalam dalam notebook ASUS tetap terpasang rapat dan tak lepas/kendur.

Tes Goncangan
Selama proses pengiriman/distribusi dan juga pemakaian harian, biasanya paket notebook akan mengalami goncangan. Tes ini memastikan setiap notebook tetap dapat beroperasi dengan baik setelah mengalami goncangan seperti ini.

Tes Pemelintiran
Seringkali orang membuka-tutup cover notebook dengan satu tangan yang menyebabkan bagian layar menjadi lentur. Uji ini mengukur seberapa kuat rangka bodi mampu melindungi keseluruhan notebook.

Tes Akselerasi Tinggi
Notebook akan dicoba digerakkan dalam kecepatan tinggi. Tes HALT (Highly Accelerated Life Test) merupakan simulasi pergerakan notebook untuk kemudian dianalisa teknisi untuk meminimalkan masalah yang mungkin terjadi.

Tes Port
Setiap port I/O akan diuji dengan memasukkan dan mencabut konektor berkali-kali untuk menjamin tiap lubang tetap kuat tanpa mengalami penurunan kualitas dan kecepatan transfer data.

Tes Temperatur
Inilah pengujian notebook terhadap suhu rendah dan tinggi serta berbagai level kelembaban udara. Setiap bagian notebook disini telah diperkuat untuk menjamin daya tahan yang tinggi menghadapi berbagai kondisi cuaca.
Tes Jatuh
Akan sangat bagus bila sebuah notebook yang dijatuhkan tak langsung rusak. Rangkaian tes jatuh ini mampu mengukur seberapa kuat sebuah notebook bertahan terhadap berbagai kejadian yang tak terduga.

Beberapa Alasan untuk Memilih ASUS

1.Keindahan Visual
Berbekal teknologi Asus Splendid yang digabungkan dengan sistem panel dan software canggih memungkinkan pemakai mengatur tampilan warna pada konten apapun. Hasilnya, tampilan layar akan tampak lebih hidup dan detil.
2.Suara yang Mengesankan
Teknologi khas SonicMaster menghasilkan kualitas audio yang berkelas. Output suara akan tampil lebih kuat, detil, dan akurat. Dukungan AudioWizard yang intuitif juga menyajikan 5 pilihan mode audio yang akan menyesuaikan mode suara sesuai kondisi yang diinginkan.

3.Fitur Sentuh Intuitif
-Ukuran aktuator (area) titik sentuh yang mencapai 6mm membuat layar sentuh lebih sensitif dan berpresisi tinggi. Sangat membantu untuk aktivitas menggambar atau menulis yang membutuhkan kecermatan tinggi.
-Keyboard ASUS mampu menerima tekanan puncak 62 gram yang merupakan nilai terbaik untuk mengetik cepat, akurat, dan tak melelahkan untuk waktu yang lama.
-Area Touchpad yang luas dengan fungsi lebih banyak membuat pergerakan jari jadi lebih leluasa dan memudahkan fungsi gesture yang lebih beragam.

4.Respon yang Cepat
-Fitur Instan On 2 detik dari kondisi standby sangat efisien menghemat waktu tunggu agar notebook segera siap dipakai bekerja.
-Berkat teknologi Super Hybrid Engine pada mainboard memungkinkan notebook dalam kondisi tidur (sleep) mampu bertahan hingga 2 minggu lamanya.
-Fungsi backup otomatis membuat sistem segera melakukan penyimpanan data (backup) pada saat kapasitas baterai tersisa kurang dari 5%.

5.Layanan Cloud ASUS WebStorage
Fasilitas penyimpanan data berbasis cloud dengan antarmuka user friendly yang memudahkan pengguna berbagi-pakai konten dengan mudah dan cepat kepada keluarga dan teman-teman, kapan pun dan dimana pun.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close